JPU: Pleidoi Rizieq Shihab Banyak Keluh Kesah

    Zaenal Arifin - 14 Juni 2021 14:50 WIB
    JPU: Pleidoi Rizieq Shihab Banyak Keluh Kesah
    Terdakwa Rizieq Shihab pada sidang perdana. Foto: Istimewa



    Jakarta: Jaksa penuntut umum (JPU) menganggap pleidoi terdakwa kasus berita bohong tes swab di Rumah Sakit (RS) UMMI Bogor, Jawa Barat, Muhammad Rizieq Shihab, tidak berdasarkan fakta-fakta persidangan. Pembelaan Rizieq dianggap terlalu emosional.

    "Terlalu banyak menyampaikan keluh kesahnya yang hampir tidak ada hubungannya dengan pokok perkara yang sedang disidangkan," kata jaksa saat membacakan replik di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Senin, 14 Juni 2021.

     



    Menurut jaksa, pleidoi setebal 131 halaman yang dibacakan Rizieq pada sidang Kamis, 10 Juni 2021, justru kental dengan tudingan-tudingan terhadap sejumlah pihak. Tudingan itu dianggap tak berhubungan dengan kasus berita bohong yang menjeratnya.

    Baca: Dituntut 6 Tahun Penjara, Rizieq Seret Nama Djoko Tjandra dan Ahok

    "Di antaranya perkara Ahok (mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama) juga menghubungkan dengan (pegiat media sosial) Abu Janda, (pakar komunikasi) Ade Armando, (pegiat medsos) Deni Siregar. Selain itu, menghubungkan dengan (Staf Khusus Presiden) Diaz Hendropriyono yang kesemuanya tidak ada nyambungnya," ujar JPU.

    Rizieq membandingkan tuntutan enam tahun penjara dari jaksa dengan perkara penodaan agama Ahok yang dituntut  satu tahun dengan masa percobaan dua tahun. Dia juga menuding adanya keterlibatan Diaz dalam penembakan Laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek pada 7 Desember 2020.

    JPU membantah tuntutan enam tahun penjara kepada mantan pentolan FPI tidak berdasarkan fakta persidangan. Rizieq dinilai terbukti melarang hukum dengan menyebarkan hoaks.

    "JPU menyatakan tuntutan hukuman enam tahun penjara terhadap Rizieq Shihab dibuat berdasarkan fakta-fakta persidangan. Atas dasar itu, JPU menyatakan Rizieq Shihab bersalah," tegas JPU.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id