NasDem Minta Pemberantasan Mafia Tanah Tak Pandang Bulu

    Cahya Mulyana - 30 November 2021 12:56 WIB
    NasDem Minta Pemberantasan Mafia Tanah Tak Pandang Bulu
    Ilustrasi Media Indonesia



    Jakarta: Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem, Eva Yuliana, meminta penegak hukum tidak pandang bulu dalam memberantas mafia tanah. Penegak hukum harus menyeret pelaku ke pengadilan sekalipun pelaku berstatus hakim atau panitera.

    "Kita tunggu kerja penegak hukum kita, dan nanti jika ada RDP dengan kita kepolisian atau kejaksaan, kita di Komisi III akan meminta pertanggungjawaban penegak hukum," kata Eva kepada Media Indonesia, Selasa, 30 November 2021.

     



    Menurut dia, Komisi III yang membidangi hukum itu mengapresiasi langkah cepat kepolisian dan kejaksaan yang membentuk tim untuk memberantas mafia tanah. Tim tersebut diharapkan mampu menyelesaikan polemik tanah  tanpa pandang bulu.

    "Tinggal bagaimana kinerja tim ini yang belum kita lihat, karena masih relatif baru. Memang mafia ini sudah menyusup ke mana-mana. Bahkan Menteri ATR/BPN mengakui sudah menyusup juga di oknum BPN," kata dia.

    Baca: Jaksa Agung: Masalah Administrasi BPN Jadi Celah Masuk Mafia Tanah

    Dia mengingatkan tim bentukan kepolisian dan kejaksaan mesti profesional dalam memberantas mafia tanah. Terpenting, berani membongkar para mafia tanah tak terkecuali yang berasal dari institusi peradilan atau mana pun.

    Sementara itu, juru bicara Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting memastikan pihaknya melakukan pengawasan terhadap seluruh jajaran peradilan. KY berjanji bakal menyerahkan oknum di lembaganya ke penegak hukum jika terbukti terlibat praktik kotor tersebut.

    "KY tetap bekerja dalam koridor tugas dan kewenangannya, yaitu menjaga dan menegakkan kehormatan hakim. Kewenangan itu diimplementasikan dalam kewenangan pengawasan dan pemantauan terhadap perilaku hakim," tegas dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id