Dua Laporan Kasus Kekerasan Jurnalis Masih Mangkrak

    Sri Yanti Nainggolan - 08 Oktober 2019 23:56 WIB
    Dua Laporan Kasus Kekerasan Jurnalis Masih Mangkrak
    Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Wartawan Hitam Jakarta menggelar aksi teatrikal di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019). ANT/Sigid Kurniawan.
    Jakarta: Laporan dua dari empat jurnalis korban kekerasan buntut demonstasi DPR masih belum ditindaklanjuti. Polri berjanji akan mengeceknya.

    "Coba saya cek lagi, ya," jawab singkat Kepala Bagian Penerangan umum (Kabagpenum) Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra saat ditemui di Cosmo Amaroossa Hotel, Selasa, 8 Oktober 2019.

    Terkait dugaan perbuatan berlebihan yang dilakukan anggota Polri, Asep menjelaskan bahwa anggota Polri secara umum telah dibekali secara teknis dalam hal pelayanan aksi unjuk rasa. Selain itu, ada aturan perundang-undangan yang juga mengatur hal tersebut. 

    "Apabila terjadi tindakan berlebih, maka kita lakukan evaluasi pemeriksaan terhadap anggota tersebut dan memberikan sanksi," tegas dia. 

    Dua jurnalis tersebut adalah Vani Fitria dari Narasi.tv dan Haris Prabowo dari Tirto.id. Sementara itu dua jurnalis lain yang melaporkan dan sudah teregistrasi adalah Nibras Nada Naulifar alias Ajeng dari Kompas.com dan Tri Kurnia Yunianto dari Katadata.co.id.

    Dalam pelaporan Ajeng, kasus yang dilaporkan adalah penghalang-halangan aktivitas jurnalistik. Laporan itu teregistrasi dengan nomor laporan LP/6372/X/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus. Pasal yang disangkakan adalah melanggar Pasal 8 ayat 1 Undang-Undang Pers. 

    Sedangkan untuk pelaporan Tri, kasus yang dilaporkan adalah penganiayaan oleh oknum yang sedang berjaga pada Selasa, 24 September 2019. Laporan itu teregistasi dengan nomor laporan LP/6371/X/2019/PMJ/Dit. Reskrimum. Pasal yang disangkakan adalah Pasa 352 KUHP tentang penganiayaan.

    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id