Papua Kondusif Jelang HUT OPM

    Juven Martua Sitompul - 29 November 2019 17:59 WIB
    Papua Kondusif Jelang HUT OPM
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Situasi di 'Bumi Cenderawasih' menjelang hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dipastikan kondusif. Sentral-sentral ekonomi di Papua beraktivitas normal.

    “Semuanya berjalan dengan tertib sebagaimana sehari-hari," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 29 November 2019.

    Menurut dia, Polri dan TNI terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk menjalankan upaya preventif dalam menjaga keamanan Papua. Warga terus menerus diimbau agar tak merayakan HUT OPM dalam bentuk apa pun.

    “Patroli rutin juga ditingkatkan dan tetap menjaga kondusif (suasana) di Papua,” ujar dia.

    Sementara itu, HUT OPM jatuh pada Minggu, 1 Desember 2019. Pemda Papua telah mengimbau warga setempat untuk beribadah ketimbang menggelar perayaan HUT OPM.

    “TNI dan Polri semuanya berfokus menyelenggarakan ibadah rutin pada Minggu. Namun demikian, pada 1 Desember ini juga sekaligus kita sudah mempersiapkan untuk kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Papua,” pungkas dia.

    Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Paulus Waterpauw mengerahkan sekitar 1.300 personel jelang HUT OPM. Pasukan juga dikerahkan untuk mengamankan menyambut natal.
     
    "(Tanggal) 1 Desember adalah hari penting di Papua, di mana hari tersebut adalah hari pembuka untuk merayakan hari natal untuk umat Kristen dan Katolik dari berbagai demonasi gereja melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, dan ini menjadi tugas kami untuk mengamankan jalannya ibadah tersebut," jelas Waterpauw.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id