Asal-usul Senpi Penembak Pelajar di Jakbar Diselisik

    Siti Yona Hukmana - 25 Juni 2021 01:24 WIB
    Asal-usul Senpi Penembak Pelajar di Jakbar Diselisik
    Rilis penetapan tersangka penambakan pelajar di Jakarta Barat. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Polisi menyelidiki asal-usul senjata api (senpi) penembak pelajar, M Idris Saputra, 1, di Jalan Mangga Besar VI D, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa dini hari, 22 Juni 2021. Senpi jenis revolver itu merupakan senjata organik standar yang biasa digunakan Polri.

    "Kita akan telusuri kepemilikan senpi ini," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis, 24 Juni 2021.

     



    Polisi telah menginterogasi para pelaku untuk mencari tahu sumber senpi itu. Namun, polisi belum mendapatkan informasi yang valid.

    "Dikarenakan informasi yang disampaikan tersangka masih berbelit, mungkin karena pengaruh minuman keras dan obat-obatan," kata Ady.

    Polisi menetapkan empat tersangka dalam kasus ini. Mereka ialah JP selaku penembak korban, HS, DT, dan FW karena mengacungkan senjata tajam jenis parang kepada warga setempat.

    Keempat tersangka dijerat Pasal berlapis. Yakni Pasal 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1952 tentang Kepemilikan Senjata Api, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pasal 338 tentang Pembunuhan jo Pasal 53 KUHP tentang Percobaan Pembunuhan dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

    Sebanyak enam orang lainnya masih berstatus saksi dan menjalani pemeriksaan intensif guna mengetahui perannya dalam kasus itu. Keenam orang itu ialah AS, 42; NS, 24; RA, 48; RW, 31, dan dua wanita yang tidak disebutkan identitasnya.

    Baca: 2 Orang yang Ditangkap Kasus Penembakan Pelajar di Jakbar Positif Sabu

    Sebelumnya, kesepuluh orang itu ditangkap di rumah kontarakan di daerah Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan beberapa jam setelah kejadian, yakni pukul 04.00 WIB. Warga Ambon, Maluku, itu ditangkap saat tertidur.
     
    Peristiwa berawal saat 10 orang itu pesta miras dalam rangka perayaan ulang tahun salah satu dari mereka di depan rumah teman korban sekitar pukul 01.00 WIB. Korban, warga setempat, dan petugas keamanan berupaya membubarkan kegiatan itu.

    Namun, para pelaku tidak terima. Tersangka JP meletuskan tembakan ke arah atas sebanyak satu kali, sedangkan tiga tersangka lainnya HS, DT, dan FW mengacungkan parang kepada warga.

    Setelah itu, mereka beranjak ke kendaraan untuk meninggalkan lokasi. Namun, setiba di kendaraannya tersangka JP kembali menembakkan senjata api mengarah lurus dan mengenai ketiak kiri korban.

    Polisi memastikan tak ada peluru bersarang di tubuh korban. Namun, korban masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id