comscore

24 Terduga Teroris Ditangkap, Pengamat Waspadai Ini

Antara - 17 Mei 2022 18:54 WIB
24 Terduga Teroris Ditangkap, Pengamat Waspadai Ini
Ilustrasi/Medcom.id
Untuk itu, dia menekankan agar aparat dan intelijen harus memiliki pengetahuan cukup dalam bidang ekonomi yang berkelindan dalam aktivitas terorisme. "Iman aparat dalam penggalangan juga harus kuat, agar justru tak mudah digalang balik oleh kelompok teroris," kata dia.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengungkap keterlibatan 24 anggota kelompok teroris. Mereka berasal dari Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang juga pendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
Ke-24 tersangka tersebut ditangkap di sejumlah wilayah, yakni 22 orang di Sulawesi Tengah, 1 orang di Bekasi, Jawa Barat dan 1 orang lagi di Kalimantan Timur. Penangkapan berlangsung Sabtu, 14 Mei 2022.

"Keterlibatan dari 24 tersangka, yaitu secara umum beberapa kali mengikuti kegiatan idad (pelatihan dan baiat) kepada amirul mukminin (pimpinan) ISIS," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa, 17 Mei 2022.

Baca: 10 Senjata Api Disita dari Penangkapan 24 Tersangka Terorisme

Ramadhan menyebutkan ISIS memiliki pemimpin baru, yaitu Abu Hassan al-Hashemi al-Qurashi. Ia menggantikan Abu Ibrahim al-Qurashi yang tewas. Abu Hassan diumumkan sebagai pemimpin ISIS pada Maret 2022.

"Jadi beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru, yaitu Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi," ucapnya.

(UWA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id