comscore

Kekayaan Lili Meningkat, Hukuman Etik Dinilai Tak Beri Efek Jera

Candra Yuri Nuralam - 25 Mei 2022 02:04 WIB
Kekayaan Lili Meningkat, Hukuman Etik Dinilai Tak Beri Efek Jera
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez
Jakarta: Indonesia Memanggil (IM) 57+ menilai hukuman potong gaji Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dalam pelanggaran etik berkomunikasi dengan pihak berperkara tidak memberikan efek jera. Pasalnya, kekayaan Lili tetap meningkat meski gajinya sudah dipotong 40 persen dari atas putusan itu.

"Hal tersebut ditunjukan dengan pelanggaran yang sangat serius, gaji dipotong 40 persen, tetapi kekayaan justru bertambah. Artinya masih adanya benefit bagi pelanggar etik, dan efek jeranya tidak berhasil," kata Ketua IM57+ Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Selasa, 24 Mei 2022.
Praswad mengatakan penegakan etik untuk Lili tidak berjalan dengan maksimal. Lalu, putusan etik itu juga dinilai tidak menunjukkan perbaikan kinerja.

"Malah adanya penambahan harta, hal tersebut menunjukkan bahwa pelanggaran kode etik tidak berpengaruh sama sekali dengan kesejahteraan yang bersangkutan secara ekonomi, malah justru meningkat," ujar Praswad.

Baca: Mengintip Garasi Lili Pintauli, Punya Motor BMW Sampai Yamaha MT25

Hukuman etik yang dinilai tak galak ini diyakini berbahaya. Pegawai KPK dinilai bisa mengikuti jejak Lili dengan dalih pemberian hukuman yang tidak tegas.

"Kekhawatiran saya, justru hal ini menjadi pemicu motivasi para staf dan penyidik di KPK untuk mengikuti jejak Lili melanggar kode etik, karena bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi," ucap Praswad.

KPK telah mempublikasikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) periodik 2021 milik Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Dia tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp2,227 miliar.

Lili diketahui memiliki tiga tanah dan bangunan senilai Rp2 miliar. Dua tanah dan bangunannya ada di Tangerang Selatan, satunya di Deli Serdang.

Lili juga tercatat memiliki lima kendaraan senilai Rp727 juta. Kendaraannya yakni mobil Honda Brio keluaran 2019, motor Yamaha Nmax keluaran 2015, motor Yamaha MT25 keluaran 2020, mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar keluaran 2020, dan motor BMW G310 GS keluaran 2019.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id