comscore

BNPT Sebut Kerja Sama Pentahelix Sukses Terapkan Deradikalisasi Narapidana

Antara - 14 April 2022 21:44 WIB
BNPT Sebut Kerja Sama Pentahelix Sukses Terapkan Deradikalisasi Narapidana
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menilai penerapan kerja sama multi pihak atau pentahelix bersama lembaga pemasyarakatan (lapas) sukses. Khususnya, dalam menjalankan program deradikalisasi bagi narapidana terorisme.

"Kami mengapresiasi semua pembinaan dan usaha serta upaya yang dilakukan pihak lapas dalam menyukseskan program deradikalisasi," kata Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris, melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 April 2022.
Irfan mengatakan dalam menjalankan program deradikalisasi, BNPT menggunakan konsep kerja sama multi pihak yang melibatkan berbagai unsur. Antara lain, pemerintah, akademisi, pelaku usaha media, dan komunitas masyarakat.

"Salah satu kolaborasi pentahelix ini antara BNPT dengan pihak lapas," kata Irfan.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, BNPT memiliki tanggung jawab dalam menjalankan program deradikalisasi. Tujuannya, menghilangkan atau mengurangi serta membalikkan pemahaman radikal terorisme yang dialami seseorang.

Menurut dia, dalam menjalankan program deradikalisasi terdapat beberapa tahapan salah satunya reintegrasi sosial. Lebih jauh, terdapat empat rumus dalam reintegrasi sosial, yaitu kebermaknaan, trust, penerimaan, dan keteladanan (KTPK).

"Pada tahap reintegrasi sosial ini, lapas memiliki peran penting," ujarnya.

Baca: BNPT: Pelibatan Pemuda Penting untuk Menangkal Radikalisme

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan Mardisa Santoso mengatakan instansi itu terus berinovasi dalam membina narapidana terorisme. Pembinaan tersebut dilakukan agar para narapidana kasus tindak pidana terorisme memiliki keahlian ekonomi.

Sehingga, mereka bisa produktif saat kembali ke masyarakat dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. "Pembinaan yang ada di Lapas Permisan di antaranya hidroponik dan batik," ucap dia.

Tidak hanya itu, Lapas Permisan mencari inovasi pembinaan yang berhubungan dengan potensi daerah pantai di sekitar lapas. Salah satu contohnya pembiakan lobster atau perikanan.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id