Perusahaan Tak Berpengalaman Disebut Memenangi Tender Pengadaan Alkes

    Kautsar Widya Prabowo - 13 Agustus 2020 04:33 WIB
    Perusahaan Tak Berpengalaman Disebut Memenangi Tender Pengadaan Alkes
    Koordinator Divisi Kampanye ICW Siti Juliantari Rachman. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan sejumlah perusahaan peserta tender pengadaan alat kesehatan (alkes) terkait covid-19 yang tidak memiliki pengalaman mumpuni. Tidak ada kejelasan penyebab perusahaan tersebut dimenangkan. 

    "(Harusnya) diutamakan perusahaan-perusahaan yang sudah punya pengalaman mengadakan alat-alat kesehatan yang selama ini dilakukan pemerintah," kata peneliti ICW Siti Juliantari Rachman dalam konferensi virtual, Rabu, 12 Agustus 2020.

    Siti menyebut dalam dokumen elektronik pemerintah terdapat perusahaan yang terbiasa menyediakan alat kesehatan. Namun, ICW menemukan pemerintah memilih perusahaan yang terbiasa menangani pembangunan jaringan dan kontraktor, PT Ziya Sunanda Indonesia.

    "(Perusahaan ini) memenangkan tender pengadaan bahan reagen," tutur lulusan Departemen Kriminologi Universitas Indonesia (UI) itu.

    Dia mendapati perusahaan pemenang tender tidak memilik latar belakang pengadaan alat kesebatan. ICW telah menelusuri rekam jejak dari CV Johan Agung sebagai pemenang tender pengadaan masker di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

    Baca: Perusahaan BUMN Masuk Daftar Janggal Penerima Alkes

    "Beberapa tender yang diikuti pengadaan perlengkapan gedung kantor di 2019, pengadaan buku koleksi perpustakaan SMP swasta," jelas dia.

    ICW mendesak pemerintah transparan dalam pengadaan barang/jasa terkait penanganan covid-19 sehingga tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Sementara itu, kajian ICW ini bersumber pada situs sirup.lkpp.go.id dan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) pada 19-20 Juli 2020.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id