Kasus Mafia UU Karantina Digali Lewat Plt Kadisparekraf

    Siti Yona Hukmana - 02 Mei 2021 03:31 WIB
    Kasus Mafia UU Karantina Digali Lewat Plt Kadisparekraf
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Polisi memeriksa pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya, Jumat, 30 April 2021. Polisi menggali informasi Sunarso, mantan pegawai yang menjadi mafia undang-undang karantina di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

    "Jadi, yang digali itu adanya kepemilikan kartu pas tapi dia (Sunarso) pensiun," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Mei 2021.






    Yusri mengatakan polisi tengah memastikan status Sunarso. Apakah dia benar sudah pensiun atau masih berstatus aparatur sipil negara (ASN).

    "Kalau masih ASN dia akan kena Undang-Undang tentang Gratifikasi. Tapi kalau dia masyarakat umum atau pensiunan itu enggak jadi kena," ujar Yusri.

    Polisi tengah mencari tahu pihak yang mengeluarkan kartu pas bandara untuk Sunarso. Tersangka mafia karantina itu bebas keluar masuk bandara menggunakan kartu pas tersebut.

    Baca: Polri Bakal Koordinasi dengan Satgas Gelar Razia Penggunaan Rapid Test Antigen

    Yusri mengatakan perbuatan Sunarso sangat berbahaya. Sebab, dia meloloskan warga negara Indonesia (WNI) yang baru datang dari India atas kewajiban karantina 14 hari.

    "Itu bahaya bisa menjadi klaster baru lagi nanti," ungkapnya.

    Sunarso mengurus semua dokumen WNI itu, mulai dari pas datang sampai akan diantar ke hotel yang disediakan untuk karantina, dengan imbalan uang Rp6,5 juta. Aksi itu dilakukannya bersama anaknya Raga Wicaksono dan GC.

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mewajibkan, baik WNI maupun warga India untuk menjalani karantina selama 14 hari setiba di Indonesia. Hal itu menyusul meningkatnya kasus covid-19 di India dengan varian baru.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id