Eks Bupati Banggai Diadili di PN Palu

    Candra Yuri Nuralam - 16 April 2021 11:39 WIB
    Eks Bupati Banggai Diadili di PN Palu
    Plt juru bicara KPK, Ali Fikri/Antara/M Risyal Hidayat.



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara mantan Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo ke tahap dua atau penuntutan. Wenny bakal diadili atas perkara suap pengadaan barang atau jasa di Kabupaten Banggai Laut ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palu.

    "Penahanan para terdakwa tersebut telah menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Tipikor Palu," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 16 April 2021.






    KPK juga melimpahkan berkas perkara orang kepercayaan Bupati, Recky Suhartono Godiman, dan Direktur PT Raja Muda Indonesia Hengky Thiono. Kedua orang itu juga akan diadili di Pengadilan Negeri Tipikor Palu.

    Meski akan diadili di Palu, keduanya masih ditahan di Jakarta. Wenny ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1 Jakarta Timur, Recky ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, dan Hengky ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat.

    Baca: KPK Selisik Kasus Samin Tan dari Dua Saksi

    Lembaga Antikorupsi tinggal menunggu penetapan hari sidang. Sidang perdana tiga orang itu akan dimulai dengan pembacaan dakwaan.

    Wenny Bukamo ditangkap KPK pada hari Kamis, 3 Desember 2020. Uang Rp2 miliar dalam kardus menjadi barang bukti dari tangkap tangan itu.

    Uang itu berasal dari beberapa kontraktor di Banggai Laut. KPK menduga uang itu dikumpulkan Wenny untuk serangan fajar saat pemilihan kepala daerah di wilayahnya.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id