comscore

Kominfo Soroti Pentingnya Perlindungan Data Pribadi

Rosa Anggreati - 31 Desember 2021 16:00 WIB
Kominfo Soroti Pentingnya Perlindungan Data Pribadi
Saat ini, Indonesia telah memiliki lebih dari 30 peraturan berkaitan dengan data pribadi (Foto:MI/Ramdani)
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menaruh perhatian khusus terhadap persoalan perlindungan data pribadi. 

Saat ini, Indonesia telah memiliki lebih dari 30 peraturan berkaitan dengan data pribadi. 
"Pemerintah merasa perlu membentuk satu sumber peraturan pelindungan data pribadi yang komprehensif. Hal ini terwujud dalam surat Presiden kepada DPR RI pada bulan Januari 2020 untuk pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).
Harapannya, bila RUU ini dapat diundangkan maka akan dijadikan pedoman bagi Pemerintah, masyarakat, industri, dalam melakukan perlindungan data pribadi di Indonesia," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. 

Namun, RUU PDP baru akan kembali dibahas pada awal tahun 2022 karena alotnya pembahasan antara Komisi I dan Kementerian Kominfo. DPR pun diketahui sedang dalam masa reses pada 17 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022.

Sambil menunggu disahkannya RUU PDP, saat ini Kominfo gencar melakukan sosialisasi kepada sektor industri mengenai pentingnya menjaga keamanan data data pribadi yang dikendalikannya, serta memastikan data-data tersebut digunakan sesuai dengan peruntukan. 

Tak hanya itu, untuk menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) terkait perlindungan data pribadi, saat ini Kominfo sudah melakukan pendekatan dengan ekosistem untuk menyiapkan pusat pelatihan agar industri dapat memenuhi kebutuhan SDM.

"Selain berfokus pada pelindungan data pribadi, Kementerian Kominfo juga terus berkomitmen pada penanganan konten dan Tata Kelola Penyelenggaraan Sistem Elektronik,” ujarnya.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id