KPK Tengahi Permasalah Aset Pemkot dan Pemkab Sorong

    Candra Yuri Nuralam - 13 Juni 2021 08:58 WIB
    KPK Tengahi Permasalah Aset Pemkot dan Pemkab Sorong
    Ilustrasi KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong penyerahan 33 aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong. Aset itu dikuasai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong selama 22 tahun.

    "Kita sedang mencari solusi konkret dari masalah aset ini karena sengketa aset berkepanjangan berpotensi moral hazard yang sebabkan hilangnya aset," ujar Ketua Satuan Tugas Koordinasi Supervisi Pencegahan Wilayah V KPK Dian Patria melalui keterangan tertulis, Minggu, 13 Juni 2021.

     



    Lembaga Antikorupsi tidak mau ada yang main salah-salahan dari permasalahan aset itu. KPK hanya meluruskan kepemilikan aset agar digunakan semestinya.

    "Intinya kita mau tertib administrasi pencatatan," ujar Dian.

    Baru enam dari 33 aset Pemkot Sorong yang bisa dihitung KPK. Total luas enam aset itu mencapai 76,5 hektare. Luas sisanya belum dihitung.

    Baca: Kritik Tajam Dipastikan Tak Halangi Komitmen Pemberantasan Korupsi

    Sebanyak 33 aset itu terdiri atas rumah jabatan bupati, wisma, kantor, mess pemda, gedung serba guna, dan gedung diklat. Lalu, KPK juga mencatat ada hotel, perumahan, perkebunan, terminal pengujian kendaraan bermotor, panti, balai benih ikan, dan tambak udang.

    KPK juga mencatat ada sanggar seni, gedung olahraga, dan beberapa pasar dalam aset itu. Sebagian aset sudah dikuasai pihak lain.

    Wali Kota Sorong Lambert Jitmau mendukung pengembalian aset itu. Menurut dia, sudah waktunya aset itu digunakan oleh Pemkot Sorong.

    "Ini hanya masalah warisan saja. Sebaiknya diserahkan saja sehingga bisa memaksimalkan Kota Sorong demi keseimbangan dan kebersamaan," tutur Lambert.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id