Upaya Azis Syamsuddin Bungkam Saksi Dianggap Bentuk Perintangan Penyidikan

    Candra Yuri Nuralam - 22 Oktober 2021 09:52 WIB
    Upaya Azis Syamsuddin Bungkam Saksi Dianggap Bentuk Perintangan Penyidikan
    Eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menjadi tersangka KPK. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin diduga berupaya merintangi penyidikan. Indikasi ini terlihat dari pengakuan mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari pernah didatangi rekan Azis, Kris, agar tidak menyeret politikus Golkar di saat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

    "Apa pun proses memengaruhi saksi itu adalah termasuk kategori menghalang-halangi penyidikan," kata Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman kepada Medcom.id, Jumat, 22 Oktober 2021.

    Menurut dia, selain diusut dalam suap terhadap penyidik KPK, Azis Syamsuddin perlu ditindak dalam kasus perintangan penyidikan. Boyamin meminta KPK mendalami pengakuan Rita. Lembaga Antikorupsi diminta tidak segan memerkarakan Azis jika bukti perintangan penyidikan telah cukup.

    "Bisa ditambahkan pasal tentang menghalangi penyidikan dalam peristiwa ini. KPK bisa fokus pokok perkara (suap) dulu," ujar Boyamin.

    Baca: KPK Buka Peluang Jerat Azis Syamsuddin dalam Kasus Perintangan Penyidikan

    Sementara itu, KPK menjamin akan mendalami dugaan perintangan penyidikan dari Azis Syamsuddin. Jika ada bukti kuat, KPK tidak segan menjerat Azis Syamsuddin dengan perkara perintangan penyidikan.

    "Tentu fakta sidang lebih dahulu akan didalami di persidangan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Kamis, 21 Oktober 2021.

    Ali mengatakan KPK masih mencari bukti lain dalam persidangan kasus suap penyidik KPK dengan terdakwa Stepanus Robin Pattuju. Azis Syamsuddin dihadirkan sebagai saksi di persidangan pada Senin, 25 Oktober 2021, untuk mengonfirmasi pernyataan Rita.(OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id