Penyidik Punya 21 Hari Tetapkan Status Munarman

    Theofilus Ifan Sucipto - 28 April 2021 10:38 WIB
    Penyidik Punya 21 Hari Tetapkan Status Munarman
    Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Pengacara Muhammad Rizieq Shihab, Munarman, belum ditetapkan sebagai tersangka kasus terorisme usai ditangkap di Pamulang, Tangerang Selatan. Namun, penyidik memiliki tenggat waktu yang wajib dipenuhi.

    “Penyidik punya waktu 21 hari (tetapkan status),” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu, 28 April 2021.






    Ahmad menyebut hal itu diatur dalam Pasal 28 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Munarman masih diperiksa di Polda Metro Jaya.

    Munarman dibawa ke Polda Metro Jaya usai ditangkap pada Selasa, 27 April 2021. Dia diperiksa terkait kasus pembaiatan di beberapa lokasi.

    “Terkait kasus baiat di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, kemudian kasus baiat di Makassar, dan ikuti baiat di Medan,” kata Ramadhan.

    Baca: Sejumlah Buku Jihad Disita dari Rumah Munarman

    Densus 88 Antiteror menyita sejumlah barang bukti yang diduga bahan peledak dari penggeledahan di eks Sekretariat Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Barang bukti dibawa ke Mabes Polri untuk diperiksa.

    Dia diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme. Munarman juga disebut terlibat dalam pemufakatan jahat dalam aksi terorisme. Lalu, dia disebut menyembunyikan informasi tentang tindak pidana tersebut.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id