KPK Periksa Saksi Dugaan Korupsi di Pabrik Gula

    Siti Yona Hukmana - 22 Januari 2021 10:47 WIB
    KPK Periksa Saksi Dugaan Korupsi di Pabrik Gula
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Kepala Urusan Sipil dan Traksi Divisi Teknik PTPN XI periode 2015-2017, Subagio, pada Kamis, 21 Januari 2020. Subagio dicecar soal pengadaan six roll mill atau mesin penggiling di Pabrik Gula Djatiroto pada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI periode 2015-2016.

    "Keterangan yang bersangkutan terkait proses aanwijzing (pembukaan tender) yang diikuti oleh yang bersangkutan dalam pengadaan six roll mill, yaitu terkait hal teknis khususnya mesin dan alat berat," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.






    Penyidik juga memanggil satu saksi lain, yakni Staff Divisi Pengadaan PTPN XI periode 2014-2015, Djoko Martono. Namun, dia berhalangan hadir.

    "Saksi tidak datang dan minta reschedule (penjadwalan ulang)," ujar Ali.

    Baca: Edhy Prabowo Beberkan Motif Pembuatan Tim Uji Tuntas

    KPK mengendus dugaan korupsi dalam pengadaan six roll mill atau mesin penggiling di Pabrik Gula Djatiroto pada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI periode 2015-2016. Sejumlah saksi bahkan telah diperiksa dalam dugaan rasuah ini.

    Penyidik telah menemukan tersangka dalam kasus ini. Namun, Lembaga Antirasuah belum mau membeberkan pihak-pihak yang mesti bertanggung jawab itu.

    "Publikasi konstruksi perkara dan pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka akan dilakukan pada saat telah dilakukan upaya paksa baik penangkapan maupun penahanan terhadap para tersangka dimaksud," kata Ali dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Januari 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id