Pinangki Ajukan Banding Atas Vonis 10 Tahun Penjara

    Candra Yuri Nuralam - 16 Februari 2021 14:43 WIB
    Pinangki Ajukan Banding Atas Vonis 10 Tahun Penjara
    Terdakwa kasus suap Pinangki Sirna Malasari. ANT/Galih Pradipta



    Jakarta: Terdakwa kasus suap pengurusan pengajuan fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk membebaskan Djoko Soegiarto Tjandra, Pinangki Sirna Malasari, memutuskan mengajukan banding. Dia dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp600 juta oleh Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

    "Mereka (kubu Pinangki) banding pada Senin, 15 Februari, di last day (hari terakhir pengajuan banding)," kata humas Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat Bambang Nurcahyo melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 Februari 2021.




    Bambang tidak menjelaskan alasan Pinangki mengajukan banding. Sementara itu, jaksa penuntut umum (JPU) pada Kejaksaan Agung sudah mengetahui Pinangki mengajukan banding.

    Jaksa siap menghadapi banding yang diajukan mantan jaksa Kejagung itu. "Otomatis kita JPU juga harus banding," ujar JPU pada Kejaksaan Agung Yanuar.

    (Baca: Pinangki Dianggap Lebih Pantas Divonis 20 Tahun Bui, Bukan 10 Tahun)

    Sebelumnya, Pinangki Sirna Malasari divonis hukuman 10 tahun penjara. Dia juga dikenakan denda Rp600 juta subsider enam bulan penjara.

    "Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Pinangki Sirna Malasari tersebut dengan hukuman pidana penjara selama 10 tahun," kata Ketua Majelis Hakim Ignatius Eko Purwanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 8 Februari 2021.

    Vonis ini lebih berat dari tuntutan JPU pada Kejaksaan Agung. Jaksa meminta hakim menghukum Pinangki empat tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan.

    Hal yang memberatkan hukuman Pinangki, yakni perbuatannya sebagai aparat penegak hukum tidak mendukung program pemerintah. Khususnya, dalam rangka memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id