Gaji Penyidik KPK Ditarik Polri Tetap Dibayar

    Candra Yuri Nuralam - 05 Februari 2020 22:47 WIB
    Gaji Penyidik KPK Ditarik Polri Tetap Dibayar
    Lambang KPK. Foto: MI
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah membayar gaji Kompol  Rossa Purbo Bekti penyidik yang ditarik kembali ke Mabes polri. Gaji terakhir dibayar bulan ini. 

    "Saya sudah konfirmasi ke Biro Sumber Daya Manusia (SDM) sudah gajian, bulan Februari ini," kata Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu 5 Februari 2020.

    Ali mengatakan Rossa sudah resmi tak lagi bertugas di lembaga antirasuah. Dia juga menyebut penarikan Rossa ke institusi asalnya sesuai prosedur yang berlaku.

    Penarikan Rossa tak memengaruhi penyelidikan kasus yang sedang ditanganinya. Tugasnya bisa diambil alih penyidik lain.

    "Ini masih tetap berjalan seperti biasa karena tim bahkan terdiri dari lebih dari dua satgas setahu kami. Demikian juga di penuntutan ada dua satgas penuntutan yang menangani perkara ini artinya ada lebih dari tiga bahkan empat orang dalam satu satgasnya," ucap Ali.

    Gaji Penyidik KPK Ditarik Polri Tetap Dibayar
    Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

    Sebelumnya, Rossa dikabarkan sudah tidak mempunyai akses masuk ke dalam Gedung Merah Putih KPK. Rossa juga sudah tidak menerima gaji dan e-mailnya tidak bisa diakses.

    Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Rossa sudah tidak bekerja bersama KPK sejak Minggu lalu. Menurut dia, sudah ada surat resmi yang diketahui oleh pimpinan dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa. Hal itu juga sudah diketahui oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) KPK Chandra Sulistio Reksoprodjo.

    "Adapun untuk Penyidik atas nama Rossa sudah dikembalikan tanggal 22 Januari 2020 sesuai dengan surat keputusan pemberhentian pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK sesusai keputusan pimpinan KPK," kata Firli berdasarkan keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 4 Januari 2020.

    Menurut Firli, pengembalian Rossa dibarengi dengan Penyidik Indra yang sama-sama dari anggota polri. Menurut dia, kedua orang itu sudah dikembalikan ke Mabes Polri pada tanggal 24 Januari 2020.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id