Kantor Menyerupai KPK di Riau Digunakan untuk Menipu

    Candra Yuri Nuralam - 05 November 2021 07:42 WIB
    Kantor Menyerupai KPK di Riau Digunakan untuk Menipu
    Plt juru bicara KPK Ali Fikri/Medcom.id/Candra.



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan kantor palsu di Riau. Kantor mengatasnamakan Dewan Pimpinan Daerah Komisi Pengawasan Korupsi Provinsi Riau.

    "Pihak dimaksud menggunakan atribut yang menyerupai logo Komisi Pemberantasan Korupsi dan melakukan korespondensi kepada beberapa pihak di wilayah Provinsi Riau," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 5 November 2021

     



    Kantor itu dipakai untuk memeras sejumlah pihak di Riau. Lembaga Antikorupsi meminta pengelola kantor itu berhenti beraksi.

    "Penipuan dengan kedok penggunaan nama dan logo menyerupai Komisi Pemberantasan Korupsi marak terjadi di berbagai daerah dan telah mengakibatkan kerugian bagi banyak pihak," ujar Ali.

    Baca: Supervisi Pemberantasan Korupsi Maluku, Ini Harapan KPK

    Dia mengatakan pihaknya tidak segan memidanakan pihak yang membawa nama KPK untuk menipu orang. Sudah banyak pihak yang ditangkap karena mencoba menipu dengan membawa nama KPK.

    Masyarakat diminta berhati-hati. Lembaga Antikorupsi menegaskan tidak pernah memiliki cabang di daerah. Markas Lembaga Antikorupsi cuma satu di Jakarta yakni Gedung Merah Putih KPK.

    "KPK mewanti kepada masyarakat selalu waspada dan hati-hati, serta tak segan untuk segera melaporkannya kepada KPK ataupun aparat penegak hukum lainnya jika mengetahui ataupun mengalami tindak kejahatan serupa," tutur Ali.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id