Kemensetneg Minta Pendampingan Perlindungan Aset Rp571,5 Triliun ke KPK

    Fachri Audhia Hafiez - 16 September 2020 15:04 WIB
    Kemensetneg Minta Pendampingan Perlindungan Aset Rp571,5 Triliun ke KPK
    Ilustrasi. Media Indonesia.
    Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penertiban dan pemulihan Barang Milik Negara (BMN) senilai Rp571,5 triliun. Aset yang perlu mendapat perlindungan, antara lain Monumen Nasional (Monas), kawasan Semanggi, dan Gedung Veteran.

    "Kami juga berharap agar KPK dapat mendampingi terkait upaya penertiban dan pemulihan aset negara dan aset Kemensetneg lainnya," kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama dalam rilis pers KPK, Rabu, 16 September 2020.

    Setya memerinci nilai aset Kemensetneg per Selasa, 15 September 2020. Antara lain, Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) GBK senilai Rp347,8 Triliun.

    Kemudian BLU PPK Kemayoran senilai Rp143,4 Triliun, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) senilai Rp10,2 Triliun, dan Gedung Granada (Veteran) Semanggi senilai Rp2 Triliun.

    "Sedangkan aset Monas belum dicatat oleh Kemensetneg karena dalam proses sertifikasi. Sesuai pengukuran BPN luas kawasan Monas adalah 716.906 meter persegi," kata Setya.

    Baca: Aset Negara Perlu Dioptimalkan Agar Lebih Produktif

    Kendala yang dihadapi Kemensetneg dalam pengelolaan aset adalah menagih kewajiban para penyewa karena konflik dengan pihak ketiga atau swasta. Padahal, kewajiban penyewa untuk membayar kontrak sudah ditetapkan sejak awal.

    Kepala Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah II KPK, Asep Rahmat Suwandha, mengatakan pemanfaatan aset seperti GBK, Kemayoran, dan TMII, belum optimal menyumbang pemasukan keuangan negara. Kemensetneg merupakan salah satu instansi pemerintah yang menjadi perhatian KPK.

    "Karenanya, KPK akan melakukan pendampingan kepada Kemensetneg dalam pengelolaan dan pemanfaatan aset untuk menghindarkan kerugian negara," ujar Asep.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id