Terduga Teroris Condet dan Bekasi Hadir saat Persidangan Rizieq

    Siti Yona Hukmana - 30 Maret 2021 12:53 WIB
    Terduga Teroris Condet dan Bekasi Hadir saat Persidangan Rizieq
    Terduga teroris HH (berbaju hijau tosca) terlihat hadir di kawasan PN Jakarta Timur saat persidangan Rizieq. Istimewa



    Jakarta: Polisi menangkap empat terduga teroris ZA, 37; AJ, 46; BS, 43; dan HH, 56 pada Selasa, 29 Maret 2021. Foto ZA dan HH menghadiri persidangan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur beredar.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengaku telah menerima foto tersebut. Namun, Yusri mengatakan pihaknya masih mendalami keterkaitan terduga teroris tersebut dengan Rizieq Shihab maupun organisasi masyarakat (ormas) terlarang Front Pembela Islam (FPI).






    "Ini masih kami dalami korelasinya, apakah benar ada keterkaitan mereka semuanya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 30 Maret 2021.

    Dalam foto, HH tampak mengenakan baju lengan panjang warna hijau tosca, peci putih, masker putih yang diturunkan ke dagu, dan celana panjang abu-abu. Dia sedang berjalan bersama seorang pria berompi hitam dan celana putih.

    Baca: Jaringan 4 Terduga Teroris di Bekasi dan Condet Masih Didalami

    Sementara itu, ZA mengenakan topi dan jaket warna merah, tanpa mengenakan masker. Dia tengah berbincang dengan seorang pria bertopi biru, bermasker yang diturunkan ke dagu.

    HH diketahui merupakan anggota FPI yang terungkap dari barang bukti kartu keanggotaanyang disita penyidik. Bukti tersebut diperoleh saat penangkapan HH di kediamannya yang berada di sebuah showroom motor, Jalan Condet Raya, Jakarta Timur, pada Senin, 29 Maret 2021.

    Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga menyita atribut FPI lainnya. Seperti baju, kalender, dan buku.

    Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran membeberkan peran keempat tersangka. HH merupakan pengendali dari tiga teroris lainnya. Dia yang merencanakan, mengatur secara taktis dan teknis aksi terorisme bersama tersangka ZA.

    "Hadir dalam beberapa petemuan untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan amaliah ini. Membiayai dan mengirimkan video tentang teknis pembuatan kepada tiga tersangka lainnya," ujar Fadil.

    Baca: Baju dan Buku FPI Disita dalam Penangkapan 4 Terduga Teroris

    Sementara itu, tersangka ZA ditangkap di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dia berperan membeli bahan baku dan bahan peledak.  Seperti aseton, HCL, termometer, dan aluminium powder.

    "ZA juga memberitahukan kepada tersangka BS cara pembuatan dan cara mencampurkan cairan-cairan yang telah disiapkan tersebut," ujar jenderal bintang dua itu.

    Sedangkan, tersangka BS yang ditangkap di Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara berperan mengetahui pembuatan bahan peledak dan cara pembuatannya. Lalu, menyampaikan kepada saudara NAJ, yang masih diburu untuk mengasilkan bom dengan ledakan besar.

    Tersangka AJ yang ditangkap di Ciputat Timur, Tangerang Selatan berperan mengetahui dan membantu ZA selama pembuatan bahan peledak. Dia juga mengikuti pertemuan dalam rangka persiapan teror menggunakan bahan peledak bersama tersangka BS.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id