Pemda Papua Diminta Proaktif Cegah Kebrutalan KKB

    Fachri Audhia Hafiez - 26 September 2021 08:26 WIB
    Pemda Papua Diminta Proaktif Cegah Kebrutalan KKB
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta pemerintah daerah tak tinggal diam menyikapi kebrutalan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Terlebih, serangan teranyar KKB telah merenggut nyawa tenaga kesehatan (nakes).

    "Pemda tidak boleh diam saja. Untuk kasus nakes ini kami sudah bicara dengan pihak bupati, agar bupati mengambil langkah-langkah yang proaktif, jangan membiarkan saja," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam diskusi virtual, Sabtu, 26 September 2021.

     



    Taufan mengatakan aksi KKB sudah tergolong serius. Namun, perlu dipikirkan formula tepat meredam aksi kelompok tersebut.

    Baca: Nakes Jadi Sasaran KKB, Strategi Keamanan Polri di Papua Diminta Dibenahi

    "Saya ingin mengajak semua pihak untuk kita lebih tenang memikirkannya, jangan tiba-tiba berpikir sebaliknya. Kan juga bisa menimbulkan persoalan lain," ucap Taufan.

    Polda Papua, kata Taufan, juga perlu menjamin keamanan nakes yang menjalankan tugas di Papua. Komnas HAM sudah menyampaikan rekomendasi tersebut.

    "Ini yang sudah kami sampaikan ke pak Kapolda Papua, Pak Kapolda akan memberikan perlindungan terhadap nakes," ucap Taufan.

    Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim menilai polisi juga mesti mengubah strategi keamanan di Papua. Perubahan ini penting agar aparat bisa lebih mencermati potensi serangan KKB.

    "Bagaimana sesungguhnya konsep keamanan di Papua yang dibangun, sesungguhnya ini sangat penting bagi posisi nakes," ujar Yusuf.
     

    Halaman Selanjutnya
    Anggota Komisi IX DPR Netty…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id