comscore

Maskur Husain Pakai Uang Penanganan Perkara untuk Nyalon di Ternate

Tri Subarkah - 16 November 2021 02:50 WIB
Maskur Husain Pakai Uang Penanganan Perkara untuk <i>Nyalon</i> di Ternate
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Advokat Maskur Husain menggunakan uang suap untuk mengajukan diri sebagai bakal calon wali kota Ternate, Maluku Utara. Uang itu didapat Maskur dalam dugaan suap penanganan perkara bersama eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju. 

"Untuk kepentingan saya sendiri di Ternate. Saat itu saya mau mencalonkan diri sebagai calon wali kota, tetapi tidak jadi," kata Maskur saat diperiksa sebagai terdakwa di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 15 November 20211.
Uang yang digunakan untuk keperluan politik itu berasal dari Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial. Dari Syahrial, Maskur dan Robin memperoleh uang Rp1,695 miliar. Uang Rp1,205 masuk ke kantong Maskur. Pemberian uang itu terkait perkara jual beli jabatan di Tanjungbalai.

Baca: KPK Dalami Cara Azis Syamsuddin Merekomendasikan Robin ke Eks Bupati Kukar

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) penyidikan yang dibacakan jaksa penuntut umum KPK Herdian Salipi, Maskur tercatat menggunakan uang Rp500 juta untuk keperluan politik. Sisanya digunakan untuk membeli perhiasan maupun pelunasan mobil.

"Untuk perhiasan emas Rp200 juta, pelunasan mobil (Toyota) Harrier Rp150 juta, kemudian DP mobil (Toyota) Vellfire, kemudian untuk dibagi-bagikan ke penyanyi di kafe Mangga Besar dan sekitarnya?" tanya Salipi yang langsung dibenarkan oleh Maskur.

Selain dari Syahrial, uang ongkos politik Maskur didapat dari Direktur PT Tenjo Usman Effendi terkait pengembalian aset yang disita KPK dan peninjauan kembali yang diajukan mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. Jumlah uang yang digunakan sebesar Rp3 miliar.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id