Rp100 Miliar Mengalir ke Sejumlah Pejabat Garuda

    M Sholahadhin Azhar - 05 Desember 2019 05:30 WIB
    Rp100 Miliar Mengalir ke Sejumlah Pejabat Garuda
    Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan fakta baru saat merampungkan kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat PT Garuda Indonesia. Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut, ada temuan uang yang mengalir ke sejumlah pejabat perusahaan plat merah itu.

    "Ditemukan dugaan aliran dana yang jauh lebih besar, yaitu dari dugaan awal sebesar Rp20 miliar menjadi Rp100 miliar untuk sejumlah pejabat di Garuda Indonesia," kata Febri kepada wartawan, Rabu, 4 Desember 2019.

    Temuan itu didapati penyidik saat merampungkan berkas kasus. Terdapat kontrak bernilai miliaran dolar AS yang ditandatangani direksi Garuda Indonesia.

    Kontrak tersebut antata lain pembelian mesin dan perawatan mesin (Total Care Program) Trent seri 700 dengan perusahaan Rolls Royce. Selain itu, asa kontrak pembelian pesawat  Airbus A330 dan Airbus A320 dengan perusahaan Airbus S.A.S.

    Sementara kontrak lain yakni kontrak pembelian pesawat ATR 72-600 dengan perusahaan Avions de Transport Regional (ATR) dan kontrak pembelian pesawat Bombardier CRJ 1000 antara Garuda dan perusahaan Bombardier Aerospace Commercial Aircraft.

    KPK, kata Febri, telah berupaya maksimal menggabungkan penanganan tindak pidana korupsi dan pencucian uang dalam perkara ini. Dalam waktu dekat, mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dan pendiri PT Mugi Rekso Abadi (MRA) sekaligus Beneficial Owner Connaught International Pte.ltd Soetikno Soedarjo segera diadili.

    "Dalam proses penyidikan ini, KPK juga menyampaikan terima kasih pada otoritas di berbagai negara yang membantu proses pengumpulan bukti serta kerjasama investigasi di negara masing-masing. Sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 80 saksi," kata Febri. 



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id