306 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Tilang Elektronik Kemarin

    Siti Yona Hukmana - 26 Agustus 2019 17:32 WIB
    306 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Tilang Elektronik Kemarin
    Ilustrasi tilang elektronik. ANT/Nova Wahyudi.
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 306 pelanggaran lalu lintas terjaring tilang elektronik pada Minggu, 25 Agustus 2019. Pengendara terekam dalam dua jenis pelanggaran.

    "Sebanyak 217 melanggar rambu atau marka jalan dan 89 pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir kepada Medcom.id, Senin, 26 Agustus 2019. 

    Polisi tidak mencatat pelanggaran ganjil genap. Karena sistem ganjil genap tak diterapkan selama hari libur. "Pelanggaran menggunakan telepon genggam saat mengemudi juga tidak ditemukan kemarin," ujar Nasir.

    Baca: Polri Akan Meluncurkan Smart SIM

    Nasir menyebut selama penerapan tilang elektronik, sebanyak 11.528 pelanggar telah mengonfirmasi kesalahan, sebanyak 4.747 pelanggar juga telah membayar denda, dan 10.316 pelanggar telah mendapatkan amar putusan dari pengadilan.

    "Itu data dari 1 November 2018 hingga 25 Agustus 2019," imbuh Nasir.

    Ditlantas Polda Metro Jaya telah menerapkan tilang elektronik sejak 1 November 2018. Mulanya baru ada dua kamera e-TLE, kemudian ditambah 10 kamera dengan empat fitur terbaru pada Senin, 1 Juli 2019.

    Jenis pelanggaran yang dapat terekam e-TLE saat pertama kali diterapkan merupakan marka jalan dan lampu lalu lintas. Empat fitur baru kemudian ditambahkan,  yakni pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan telepon gengam saat berkendara, dan kecepatan maksimal 40km/jam.

    Dua belas kamera ini ditempatkan di kawasan Sudirman-Thamrin. Di antaranya, JPO MRT Senayan, JPO MRT Semanggi, JPO Kementerian Pariwisata (Kemenpar), JPO MRT Kemenpan RB, Fly Over Sudirman, Simpang Bundaran Patung Kuda, Fly Over Thamrin, Simpang Sarinah, Simpang Sarinah Starbucks, dan JPO Plaza Gajah Mada.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id