Kejagung Sita Aset Senilai Rp14 Triliun Selama 2021

    Theofilus Ifan Sucipto - 22 Juli 2021 17:08 WIB
    Kejagung Sita Aset Senilai Rp14 Triliun Selama 2021
    Jaksa Agung ST Burhanuddin pada upacara virtual peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kamis, 22 Juli 2021. Foto: Istimewa



    Jakarta: Nilai penyitaan aset oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) selama Januari hingga Juni 2021 mencapai Rp14 triliun. Penyitaan itu berasal dari sejumlah perkara.

    “Di bidang tindak pidana khusus, penyitaan aset telah dilakukan dengan estimasi senilai lebih dari Rp14 triliun,” kata Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam upacara virtual peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Menurut dia, pada tindak pidana khusus, pihaknya menyelidiki 860 kasus, 847 kasus di tahap penyidikan, 645 kasus di tahap penuntutan, dan 605 orang di tahap eksekusi. Untuk tindak pidana umum, di tingkat penuntutan ada 56.987 kasus dan tahap eksekusi 43.962 kasus.

    “Pelaksanaan sidang online dilakukan 339.090 kali dan capaian untuk penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif sebanyak 46 perkara,” ujar dia.

    Baca: Hari Bhakti Adhyaksa, Kejagung Gelar Upacara Ziarah di TMP Kalibata

    Di bidang intelijen, Kejagung memfasilitasi kegiatan investasi dengan nilai mencapai lebih dari Rp23,7 triliun. Kejaksaan juga terlibat pengamanan pembangunan strategis dengan kegiatan yang dikawal mencapai 44 proyek strategis senilai Rp142,9 triliun.

    Korps Adhyaksa juga menangkap 96 buron dari daftar pencarian orang (DPO). Salah satunya buronan kelas kakap, yakni Adelin Lis.

    Burhanuddin menuturkan di bidang pembinaan, Kejagung merealisasikan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di seluruh bidang kejaksaan. Jumlahnya mencapai lebih dari Rp300 miliar.

    “Kemudian nilai pendampingan hukum dalam program pemulihan ekonomi nasional di bidang perdata dan tata usaha negara mencapai Rp21,9 triliun,” papar dia.

    Terakhir, pada bidang pengawasan, Kejagung melaksanakan 62 inspeksi umum dan 10 inspeksi khusus. Kejagung menjatuhkan hukuman disiplin kepada 101 orang dan memberhentikan sementara sebagai pegawai negeri sipil terhadap enam jaksa.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id