Ketua DPR: Penegakan Hukum Tidak Boleh Pakai Kacamata Kuda

    Anggi Tondi Martaon - 21 Januari 2021 16:33 WIB
    Ketua DPR: Penegakan Hukum Tidak Boleh Pakai Kacamata Kuda
    Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto



    Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani menyebut setidaknya ada tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo. Pertama, penegakan hukum di bawah Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri diminta mengedepankan keadilan restoratif.

    "Penegakan hukum tidak memakai kaca mata kuda, tapi melihat konteks masalah dan memperhatikan aspek-aspek sosial kemasyarakatan,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Januari 2021.






    Kedua, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu diminta meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya, memanfaatkan teknologi agar lebih responsif terhadap pengaduan masyarakat.

    “Di sini penting penggunaan teknologi mengingat keterbatasan personel. Intinya polisi harus responsif terhadap pengaduan masyarakat,” papar politikus PDI Perjuangan itu.

    (Baca: Strategi Komjen Listyo Ciptakan Hukum yang Berkeadilan)

    Ketiga, mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diminta mereformasi internal Polri. Reformasi harus difokuskan pada sikap serta mental anggota Polri. Sehingga, Korps Bhayangkara senantiasa bekerja secara profesional.

    Puan menilai calon tunggal kapolri itu memiliki semangat transformasi membawa Polri menjadi lebih baik. Hal itu terlihat dalam visi dan misi Listyo yang disampaikan dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR.

    “Kita sudah mendengarkan visi misi calon Kapolri saat uji kelayakan. Ada semangat tranformasi di tubuh Polri,” ujar dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id