Urus SIM Bisa Online, Calo Bakal 'Gigit Jari'

    Adri Prima - 15 April 2021 20:19 WIB
    Urus SIM Bisa Online, Calo Bakal Gigit Jari
    Aplikasi Korlantas Polri. ist



    Jakarta: Korlantas Polri meluncurkan aplikasi untuk pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diberi nama SIM Presisi Nasional (Sinar) pada Selasa 13 April 2021. 

    Aplikasi tersebut bisa diunduh di App Store atau Play Store, sehingga proses perpanjangan SIM tidak lagi merepotkan karena pemohon tidak perlu lagi datang ke Satpas SIM.

     



    Kepala Seksi Satpas SIM Daan Mogot Subdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Agung Permana mengatakan, dengan diterapkannya SINAR petugas Satpas SIM hanya melakukan verifikasi data pemohon yang sudah mengirimkan melalui aplikasi tersebut.

    Setelah diterbitkan, maka petugas langsung mempacking SIM tersebut untuk diserahkan ke kurir pengantaran dalam hal ini adalah PT Pos Indonesia.

    “Jadi perpanjangan SIM online bisa dilakukan di rumah, tanpa harus datang ke Satpas SIM atau ke SIM keliling. Tinggal isi aplikasi maka nanti hanya tunggu diantarkan atau bisa diambil secara drivethru di loket yang kami sediakan,” kata Agung, dikutip dari situs Korlantas Polri. 

    Agung menambahkan, aplikasi ini bisa menjawab tantangan yang selama ini menjadi pertanyaan dari masyarakat saat situasi Pandemi Covid-19. Di mana masyarakat harus menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan. “Ini akhirnya terjawab, sudah bisa dimana saja bisa perpanjang online,” lanjutnya.

    Aplikasi Sinar juga dapat menghilangkan praktik calo yang selama ini membuat buruk imej Polri. Dengan sisitem digital, aplikasi Sinar akan memutus komunikasi antara petugas dengan pemohon.

    “Ini mencegah praktik percaloan jadi karena aplikasi ini bisa di mana saja otomatis tidak ada sentuhan dan bisa dimanapun. Jadi tidak ada praktik percaloan dan menghilangkan calo,” tutupnya.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id