Sederet Tugas Penanganan Covid-19 Menanti Kapolda Baru

    Siti Yona Hukmana - 05 Maret 2021 01:38 WIB
    Sederet Tugas Penanganan Covid-19 Menanti Kapolda Baru
    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik kapolda baru. DOK Istimewa



    Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung memberikan sederet tugas kepada kapolda baru. Sejumlah kapolda baru resmi dilantik di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Maret 2021.

    "Pejabat baru agar melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro bagi yang masuk dalam tujuh Polda, sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Kamis, 4 Maret 2021.






    PPKM berskala mikro merupakan salah satu langkah menekan kasus covid-19 di Indonesia. Listyo menginstruksikan kapolda mengantisipasi peningkatan kasus dengan munculnya varian baru covid-19 di Tanah Air.

    Dia juga meminta jajarannya cepat melakukan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment. Kemudian, memastikan jajaran dapat melaksanakan 3T dengan baik.

    "Berikan reward bagi anggota yang telah melakukan zona merah menjadi zona hijau," tutur jenderal bintang empat itu.

    Listyo juga meminta kapolda menjalin komunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) dalam penanganan covid-19. Upaya itu dinilai mampu menurunkan kasus covid-19 di Tanah Air.

    Kapolda baru juga diminta selalu mengawal program vaksinasi nasional yang sedang berlangsung. Selain itu, membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

    "Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti usaha mikro kecil menengah (UMKM). Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah, berikan pendampingan agar dikawal," ucapnya.

    Anggota Polri juga diminta mendengar keluhan masyarakat berkaitan pertumbuhan ekonomi. Serta memberikan solusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

    "Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal maka perlu pendampingan dengan baik," kata mantan Kabareskrim itu.

    Terakhir, dia mengingatkan jajarannya selalu mengedepankan restorative justice dalam penanganan perkara. Hal itu agar rasa keadilan dapat dirasakan masyarakat.

    Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) juga diminta mengawasi penegakan hukum. Pengawasan  agar tidak terjadi penyelewengan.

    "Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian," lanjut Listyo.

    Sejumlah kapolda yang resmi dilantik, ialah Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Nana Sudjana, Kapolda Sumatra Utara Irjen Panca Putra, Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno, dan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fachiri.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id