Mahfud Minta KPK dan Kepolisian Tak Menggantung Kasus

    Nur Azizah - 23 Juni 2020 13:27 WIB
    Mahfud Minta KPK dan Kepolisian Tak Menggantung Kasus
    Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Theofilius
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak menggantungkan banyak kasus. Dia mau semua kasus cepat diselesaikan.

    "Jangan terlalu banyak menggantung kasus dan diombang-ambingkan oleh opini," kata Mahfud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juni 2020.

    Ia menyampaikan ada aturan yang mengizinkan KPK mengambil tindakan. Namun, semua tindakan itu harus dipertanggungjawabkan secara hukum baik secara susbstansial maupun proseduralnya.

    "Sehingga hukum tidak boleh diombang-ambingkan oleh opini masyarakat, itu saja yang kemarin dan kesepakatannya semua akan lebih profesional bekerja," ujar Mahfud.

    Hal serupa disampaikan untuk Kepolisian dan Kejaksaan Agung. Menurut dia, banyak perkara yang mentok di P17 atau permintaan perkembangan hasil penyelidikan, P18 atau hasil penyelidikan belum lengkap, dan P19 atau pengembalian berkas perkara untuk dilengkapi.

    "Sering bolak-balik, banyak kasus itu kita minta agar Kejagung dan Kepolisian agar kasus itu segera dan memberikan kepastian hukum kalau diproses ya diproses, kalau enggak ya enggak, di KPK juga gitu," ungkapnya.

    Mahfud bertemu Ketua KPK Firli Bahuri, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Kapolri Jenderal Idam Azis, di kantor Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juni 2020. Mereka membahas soal kelanjutan kasus yang ditangani aparat penegak hukum.

    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, serta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga hadir dalam pertemuan itu.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id