Pemilihan Ketua MA Dapat Disaksikan Virtual

    Kautsar Widya Prabowo - 06 April 2020 11:15 WIB
    Pemilihan Ketua MA Dapat Disaksikan Virtual
    Ilustrasi Mahkamah Agung. MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Mahkamah Agung (MA) tetap menggelar pemilihan ketua baru di tengah pandemi korona (covid-19). Sidang paripurna khusus dilaksanakan sesuai protokol penanganan covid-19.

    "Pemilihan ketua MA periode 2020-2025, berbeda dengan sebelumnya. Karena faktor keselamatan, keamanan, dan kesehatan yang mungkin ditimbulkan merebaknya covid-19, maka tidak menghadirkan pengunjung. Hanya panitia dan pemilik hak suara," ujar Ketua MA Hatta Ali di Ruang Kusumaatmaja, Gedung MA, Jakarta Pusat, Senin, 6 April 2020.

    Ia memastikan perubahan sejumlah mekanisme sidang tidak membuat jalannya sidang tidak sah. Terlebih, proses sidang digelar terbuka secara virtual.

    (Baca: Jokowi Minta MA Terapkan Sistem Penghargaan dan Hukuman)

    "Kondisi ini tidak mengurangi makna pemilihan, karena pemilihan ini dapat disaksikan live, disaksikan oleh media masa dan masayrakat," tutur dia.

    Ali menyebut pemilihan ketua MA harus tetap dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat luas. Pemilihan di tengah pandemi korona tak bermaksud menghiraukan imbauan pemerintah.

    "Semata-mata untuk kepentingan lembaga MA, sebagai salah satu cabang kekuataan negara yang harus ditegakkan," tutur dia.

    Hatta Ali menjabat sebagai ketua MA selama dua periode, yakni 2012-2017 dan 2017-2022. Pria berusia 67 tahun itu akan memasuki masa pensiun pada 7 April 2020.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id