Ngotot, ICW Desak KPK Lanjutkan Kasus BLBI

    Candra Yuri Nuralam - 11 April 2021 19:42 WIB
    Ngotot, ICW Desak KPK Lanjutkan Kasus BLBI
    Peneliti ICW Kurnia Ramadhana (tengah). Foto: MI/Susanto



    Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membuka kasus dugaan rasuah terkait Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI). ICW ingin eks tersangka Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim, diadili dalam kasus itu.

    "Persoalan (sangkaan) terbukti atau tidak terbukti di persidangan, itu urusan lain," kata peneliti dari ICW Kurnia Ramadhana dalam telekonferensi di Jakarta, Minggu, 11 April 2021.






    Kurnia kecewa dengan tindakan KPK yang menghentikan kasus tersebut. Pasalnya, kebijakan ini diambil sebelum KPK memeriksa Sjamsul dan Itjih.

    "Tanggung jawab KPK kepada publik harus memastikan adanya proses hukum terhadap buronan kasus korupsi, yaitu Sjamsul dan Itjih Nursalim," ujar Kurnia.

    Baca: Jokowi Bentuk Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI

    ICW menyarankan Lembaga Antikorupsi melimpahkan perkara ke kejaksaan jika tidak mampu menangani kasus SKL BLBI. Cara itu dinilai lebih ampuh ketimbang menghentikan kasus.

    "Melimpahkan berkas ke jaksa pengacara negara untuk selanjutnya dilakukan gugatan perdata," tutur Kurnia.

    KPK menghentikan kasus dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI. Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim terbebas dari status tersangka KPK.

    "Penghentian penyidikan ini sebagai bagian adanya kepastian hukum dalam proses penegakan hukum," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 1 April 2021.

    Alex mengatakan penghentian kasus ini sudah sesuai dengan Pasal 40 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK. Lembaga Antikorupsi tidak bisa menggantung nasib Sjamsul dan Itjih tanpa kepastian.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id