Menkeu: Teknologi Elemen Penting Pencegahan Korupsi

    Fachri Audhia Hafiez - 18 November 2020 11:55 WIB
    Menkeu: Teknologi Elemen Penting Pencegahan Korupsi
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
    Jakarta: Pencegahan korupsi dinilai tidak terlepas dari elemen teknologi informasi. Melalui teknologi pula ancaman korupsi untuk mengeruk keuangan negara bisa dicegah.

    "Teknologi informasi sangat membantu kita untuk bisa mengelola keuangan negara dan mencegah korupsi," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam kegiatan Anti-Corruption Summit ke-4 melalui akun YouTube 'KPK RI', Rabu, 18 November 2020.

    Perempuan yang akrab disapa Ani itu mengatakan pencegahan korupsi bisa dilakukan dengan menerapkan digitalisasi pada setiap transaksi. Tetapi dia tak memungkiri masih banyak orang yang tergiur melakukan kejahatan tersebut.

    "Karena apa pun yang kita lakukan pasti kita menghadapi mereka yang tetap tergoda untuk melakukan kegiatan yang tidak terpuji seperti korupsi," ucap Ani.

    Baca: Firli Tegaskan Korupsi Mengancam Keuangan Negara

    Untuk mencegah tindak pidana korupsi, kata Ani, pemerintah bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat. Termasuk penegak hukum, kementerian/lembaga, dan auditor.

    Khususnya, pencegahan korupsi di masa pandemi virus korona (covid-19) saat ini. Apalagi, ada anggaran Rp695 triliun yang harus diawasi secara ketat agar tidak disalahgunakan.

    "Kami sampaikan kepada seluruh aparat untuk pengawas internal kementerian lembaga dan daerah. Kita juga bekerjasama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bank Indonesia di dalam rangka untuk semua mengawal kegiatan yang sifatnya extraordinary ini," kata Ani.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id