Dua Penyidik KPK dari Polisi Ditarik

    Cindy - 05 Februari 2020 15:59 WIB
    Dua Penyidik KPK dari Polisi Ditarik
    Lambang KPK. Foto: MI
    Jakarta: Mabes Polri membenarkan menarik dua personelnya Kompol Rosa Purbo Bekti dan Kompol Indra dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penarikan telah mendapat persetujuan dari Ketua KPK Firli Bahuri dan Kapolri Jenderal Idham Azis. 

    "Tentunya akan kita gunakan anggota tersebut tenaganya untuk pihak kepolisian. Tidak masalah," ucap Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Kantor Pusat Jasa Raharja, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Februari 2020.

    Selain keduanya, masih ada anggota kepolisian lainnya yang bertugas di KPK. Penarikan anggota yang bertugas di luar institusi Polri hal yang lumrah terjadi. 

    "Apabila dari ASN itu sendiri maupun lembaga lain mengembalikan, itu tidak masalah. Hal yang biasa, tentu saja dari Polri akan menerima kembali di institusi kepolisian," kata Argo.

    Polri, terang Argo, tak menutup peluang Lembaga Antirasuah merekrut kembali penyidik dari kepolisian. Hal yang sama berlaku di institusi atau lembaga negara lainnnya. 

    Dua Penyidik KPK dari Polisi Ditarik
    Ketua KPK Firli Bahuri (kanan) menyampaikan kata sambutan saat serah terima jabatan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019. Foto: MI/Pius Erlangga

    Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Kompol Rossa sudah tidak bekerja di KPK. Penarikan Rosa ke kepolisian ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa dan diketahui Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) KPK Chandra Sulistio Reksoprodjo.

    "Adapun untuk penyidik atas nama Rossa sudah dikembalikan tanggal 22 Januari 2020 sesuai dengan surat keputusan pemberhentian pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK sesusai keputusan pimpinan KPK," kata Firli berdasarkan keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 4 Januari 2020.

    Menurut Firli, pengembalian Rossa dibarengi dengan penyidik Indra yang sama-sama dari Polri. Menurut dia, kedua orang itu sudah diserahkan ke Markas Besar Polri pada 24 Januari 2020.





    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id