Terpopuler Nasional

    Status ASN Pegawai KPK Hingga NasDem Setuju Pemilu 2024 Dimajukan

    M Sholahadhin Azhar - 04 Juni 2021 07:48 WIB
    Status ASN Pegawai KPK Hingga NasDem Setuju Pemilu 2024 Dimajukan
    Ilustrasi penyidik KPK/Istimewa.



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik 1.271 pegawai yang lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi aparatur sipil negara (ASN). Peralihan status menjadi ASN dianggap mengakhiri dugaan konflik kepentingan atau conflict of interest di internal KPK.
     
    "Pegawai KPK menjadi ASN itu pilihan kontekstual untuk mengakhiri banyak kontroversi dan pergunjingan selama ini, tentang conflict of interest yang diduga terjadi pada sebagian oknum pegawai," ujar pengamat politik Boni Hargens saat dihubungi wartawan, Kamis, 3 Juni 2021.

    Boni mengatakan KPK yang notabene lembaga publik juga membutuhkan mekanisme kerja yang transparan dan akuntabel. Menurut dia, hal itu dapat tercapai jika pegawai KPK menjadi ASN.

     



    Baca: Status ASN Pegawai KPK Dianggap Akhiri Dugaan Konflik Kepentingan

    "Sebagai lembaga publik, KPK membutuhkan mekanisme kerja yang transparan dan akuntabel, sebagaimana diatur dalam UU tentang ASN," ucap dia.

    Pengalihan status pegawai KPK menjadi sorotan pembaca Kanal Nasional Medcom.id pada Kamis, 3 Juni 2021. Selain itu, pembaca juga menilik pemberitaan terkait Partai NasDem yang menyetujui Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dimajukan.

    Fraksi NasDem mendukung usulan jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pemungutan suara diusulkan pada Februari 2024.
     
    Baca: Fraksi NasDem Setuju Pemilu 2024 Dimajukan seperti Usulan KPU

    "NasDem secara prinsip tidak ada masalah," kata Sekretaris Fraksi NasDem, Saan Mustopa, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021.
     
    Setidaknya ada dua pertimbangan NasDem mendukung rancangan jadwal yang diajukan penyelenggara pemilu tersebut. Pertama, menghindari bentrokan jadwal antara Pemilu 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

    Pemberitaan terkait alih status pegawai KPK dan Partai NasDem bakal terus diperbarui. Simak selengkapnya hanya di Kanal Nasional Medcom.id.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id