KPK Mengeluh Kekurangan SDM

    Nur Azizah - 27 November 2019 18:15 WIB
    KPK Mengeluh Kekurangan SDM
    Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Laode M Syarif. MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif mengeluhkan kekurangan sumber daya manusia (SDM) saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Terutama jaksa.

    "Soal SDM, di KPK itu memang tidak cukup. Tapi karena syarat yang diberikan KPK agak tinggi jadi yang lulus sedikit," kata Laode di Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

    KPK membutuhkan 120 jaksa. Sayangnya, syarat menjadi jaksa sangat tinggi. Seleksi penerimaan jaksa terakhir hanya meloloskan 10 orang.

    "Sebenarnya itu bukan KPK yang mengusulkan (syaratnya), kita hanya memberikan syarat diseleksi oleh tim independen," ujar dia.

    Laode juga ingin hubungan antara polisi, jaksa, dan KPK dibenahi. Hubungan ketiga lembaga itu harus ditingkatkan karena akan ada fungsi supervisi dan koordinasi.

    "Tapi tidak semua yang kami koordinasikan ada kasus yang ditangani teman itu segera selesai juga. Terus terang kalau untuk mengambil alih boleh menurut hukum, tetap ya kita saling menghargai sesama lembaga," ujar dia.

    KPK juga ingin lembaga dan kementerian ikut bahu membahu mencegah rasuah. Caranya dengan membangun sistem yang baik, bukan sekadar kampanye. 

    "Kalau misalnya Presiden mau streamline itu tentukan satu, saya pikir itu akan lebih bagus. Kalau online single submition menjadi lima jangan salahkan investor tidak mau. Dan juga bukan over regulasi," pungkas dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id