Kapolri Idham Dianggap Arogan Copot Kapolres Kampar

    Juven Martua Sitompul - 20 November 2019 20:38 WIB
    Kapolri Idham Dianggap Arogan Copot Kapolres Kampar
    Ilustrasi Polri. Foto: Dok/Medcom
    Jakarta: Pencopotan Kapolres Kampar Ajun Komisasris Besar Polisi (AKBP), Asep Darmawan dinilai sebagai sikap arogansi Kapolri Jenderal Idham Azis. Persoalan ini seharusnya bisa diselesaikan dengan kepala dingin.

    "Ini kan masalah kecil yang cukup diingatkan saja dia oleh atasannya, kecuali atasannya bersikap mengedepankan arogansi dan mentang-mentang berkuasa, hal kecil bisa menjadi besar," kata Presidium Indonesi Police Watch (IPW), Neta S Pane di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

    Di sisi lain, Neta tak membenarkan sikap Asep yang mengobrol saat atasan sedang memberikan arahan. Secara etika, Asep seharusnya mendengarkan dan memperhatikan instruksi atasannya, apalagi Idham sebagai Kapolri.

    "Logikanya, setiap pemimpin bicara bawahan harus mencermati karena pasti ada arahan tugas yang akan disampaikan. Etikanya, pimpinan itu bagai orang tua sendiri yang harus dihormati, sehingga ketika dia bicara sangat tidak etis jika kita ngobrol," ujarnya.

    Kendati begitu, menurut Neta, Idham tak seharusnya mengambil keputusan yang berlebihan terkait hal tersebut. Idham sebaiknya cukup mengingatkan Asep untuk memperhatikan arahannya.

    Menurut Neta, sebagai pimpinan Idham harus bisa menjadi bapak yang senantiasa selalu mengingatkan bawahannya untuk hormat terhadap atasan. Apalagi, Idham baru seumur jagung memimpin Korps Bhayangkara.

    "Bagaimana pun opini-opini yang bisa menimbulkan kesan negatif harus dihindari Idham selama menjadi Kapolri agar kepemimpin disegani semua bawahannya maupun masyarakat yang harus harus dia ayomi," pungkasnya.

    Sebelumnya, AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar, Riau. Asep baru menjabat sebagai Kapolres pada September 2019.

    Informasi yang beredar, Asep dicopot lantaran tak memperhatikan atau mengobrol saat Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan pengarahan di HUT Brimob di Depok. Asep dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

    Posisi Asep digantikan AKBP Mohammad Kholid yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Riau. Pencopotan Asep tercantum dalam surat TR Kapolri bernomor ST/3094/XI/KEP/2019.



    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id