Firli Bahuri Tak Perlu Lepas Jabatan di Kepolisian

    Cindy - 16 September 2019 17:32 WIB
    Firli Bahuri Tak Perlu Lepas Jabatan di Kepolisian
    Ketua terpilih KPK Firli Bahuri. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut Ketua terpilih KPK Firli Bahuri boleh tak melepas jabatan dan statusnya di kepolisian. Perkab Nomor 4 Tahun 2007 tentang Penugasan Anggota Kepolisian di Luar Struktur Organisasi membuka peluang itu. 

    "Di situ (Perkab) TNI-Polri bisa melaksanakan kariernya. Kalau yang bersangkutan mengundurkan diri itu (pilihan) personal," ucap  Dedi di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 16 September 2019. 

    Dedi menambahkan aturan lain yang memperbolehkan Firli rangkap jabatan ialah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dia menuturkan kedua regulasi itu menjadi dasar personel kepolisian boleh berdinas di luar Korps Bhayangkara. 

    "Saat ini usia beliau (Firli) masih 56 tahun. Artinya masa pengabdian masih dua tahun lagi," tutur Dedi. 

    Kapolda Sumatra Selatan itu terpilih menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023 dengan cara voting. Suara Firli menjadi yang tertinggi di antara calon-calon lainnya dengan 56 suara. 

    Suara Firli dipepet capim petahana Alexander Marwata. Alexander memperoleh 53 suara. Nurul Ghufron berada di posisi ketiga dengan 51 suara. 

    Hakim Nawawi Pomolango di posisi keempat dengan 50 suara, disusul Lili Pintauli Siregar yang mendapatkan 44 suara. DPR mengesahkan kelima pimpinan baru KPK itu dalam rapat paripurna, Senin, 16 September 2019. Kelima nama selanjutnya diserahkan pada Presiden Joko Widodo untuk dilantik. 





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id