comscore

Kasus ASABRI, Adam Damiri Segera Ajukan Kasasi

Achmad Zulfikar Fazli - 08 Juni 2022 20:54 WIB
Kasus ASABRI, Adam Damiri Segera Ajukan Kasasi
Tim hukum Direktur Utama PT A periode 2009-2016 Mayjen (Purn) Adam Rahmat Damiri. Istimewa.
Jakarta: Direktur Utama PT A periode 2009-2016 Mayjen (Purn) Adam Rahmat Damiri, menghormati putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memangkas hukumannya dari 20 menjadi 15 tahun penjara. Dia memastikan akan kembali mengambil langkah hukum atas putusan tersebut.

"Pihaknya (Adam Damiri) menyatakan akan tetap memperjuangkan kebenaran kasus ini dengan cara mengajukan kasasi," ujar kuasa hukum Adam Damiri, Jose Andreawan, Jakarta, Rabu, 8 Juni 2022.
Jose sepakat dengan upaya pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Namun, kata dia, upaya itu harus tepat sasaran.

Tepat sasaran itu dalam pengertian benar-benar yang ditindak dan diberi sanksi adalah pelaku tindak pidana korupsi yang perbuatannya dirumuskan dalam UU Tipikor. Unsur yang dirumuskan dalam UU Tipikor, antara lain perbuatan melawan hukum, merugikan negara dan menguntungkan diri sendiri atau orang lain.

"Berdasarkan fakta persidangan, unsur pasal tersebut tidak ditemukan dalam kasus Adam Damiri," kata dia.

Kuasa hukum Adam Damiri lainnya, Andi Syarifuddin, menjelaskan kasasi dilayangkan karena diduga ada kekeliruan penerapan hukum dalam pertimbangan majelis hakim sebelumnya. Menurut Andi, perbuatan unsur melawan hukum yang dituduhkan kepada Adam Damiri sangat keliru.

"Karena Pak Adam Damiri telah melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan baik sebagaimana tugas dan wewenang yang diamanatkan oleh UUPT dan ADRT Perseroan," jelas dia.

Baca: Kejaksaan Ajukan Kasasi terhadap Putusan Banding Kasus Asabri

Dia menyampaikan Adam Damiri sejatinya tidak paham tentang investasi saham. Sehingga, mendelegasikan wewenangnya kepada direktur investasi yang paham tentang investasi.

"Tindakan Pak Adam Damiri adalah bagian dari prinsip kehati-hatian. Prinsip itu telah sesuai dengan ADRT Perseroan dan Pasal 97 ayat (3) UUPT, sehingga sangat tidak beralasan jika Adam Damiri disebut lalai dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai direktur utama PT ASABRI," ujar dia.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id