Istana Perintahkan Menteri Segera Setor LHKPN

    Desi Angriani - 05 Desember 2019 17:07 WIB
    Istana Perintahkan Menteri Segera Setor LHKPN
    Juru bicara presiden Fadjroel Rachman. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Istana memerintahkan menteri Kabinet Indonesia Maju segera menyetor Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Sebab, enam menteri belum menyerahkan LHKPN ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    "Dari Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara Pratikno) sudah meminta kepada semua menteri, wamen dan juga stafsus presiden menyelesaikan LHKPN," kata juru bicara presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

    Dia menuturkan, enam menteri tersebut berasal dari kalangan swasta. Mereka belum terbiasa melaporkan LHKPN sehingga membutuhkan waktu cukup lama menyiapkan berbagai dokumen.

    "Mungkin perlu waktu satu bulan, karena lebih detail daripada laporan pajak. Mudah-mudahan mereka bisa secepatnya," ungkap dia.
     
    Fadjroel mengaku menghabiskan waktu satu bulan menyelesaikan laporan LHKPN saat ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Adhi Karya. Sebab, laporan menyangkut aset dan barang-barang pribadi.

    "Sampai ditanya juga meja, kursi di rumah. Mungkin memiliki benda-benda seni. Kalau pajak kan enggak ditanya," beber dia.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memaklumi enam menteri Kabinet Indonesia Maju belum melapor LHKPN. Lembaga antirasuah masih menunggu laporan itu.

    Saat ini pelaporan LHKPN jauh lebih mudah. Ada mekanisme pelaporan elektronik yang disiapkan. Para penyelenggara negara dapat mengakses website https://elhkpn.kpk.go.id/.
     
    "(Mereka) berasal dari pihak swasta. Kami memahami pelaporan LHKPN mungkin merupakan hal baru oleh bersangkutan. Oleh karena itu, jika ada yang perlu dibantu, tim LHKPN di KPK akan mendampingi," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa, 3 Desember 2019.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id