4 Fondasi Penting Perkuat Keamanan Siber

    Gervin Nathaniel Purba - 12 Agustus 2019 13:34 WIB
    4 Fondasi Penting Perkuat Keamanan Siber
    Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Dok.DPR)
    Jakarta: Rancangan Undang-Undang Keamanan dan Ketahanan Siber (KKS) tengah menunggu waktu untuk disahkan. UU tersebut diperlukan untuk menjaga kemanan siber dari kemungkinan serangan.

    Selain kehadiran RUU KKS, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menjelaskan perlunya penguatan empat fondasi dalam memelihara keamanan dan ketahanan siber.

    "Pertama, bahwa segala kerentanan yang dapat meningkatkan ancaman atau bahaya di bidang siber harus dapat dideteksi dan diidentifikasi," kata politikus yang karib disapa Bamsoet itu, saat menjadi narasumber Diskusi Publik dan Simposium Nasional RUU KKS, di Jakarta, Senin, 12 Agustus 2019.

    Kedua, segala aset penting untuk hajat hidup orang banyak, harus dapat dilindungi atau dibentengi dari kemungkinan adanya sabotase, serangan, atau aneka upaya lain untuk menghancurkan atau merusaknya. 

    Ketiga, segala sabotase, serangan, atau aneka upaya lain yang sedang berlangsung harus dapat ditanggulangi secepatnya, dan kerusakan, kehilangan, atau kehancuran yang telah terjadi harus dapat dipulihkan secepatnya. 

    "Keempat, segala komponen dalam penyelenggaraan keamanan dan ketahanan siber yaitu manusia, perangkat teknis, dan perangkat non teknis, harus dapat dipantau dan dikendalikan agar tidak menambah besar kerentanan," tutur Bamsoet.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id