KPK Sentil Pemprov DKI Soal Kemajuan Penagihan PSU

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Oktober 2020 20:41 WIB
    KPK Sentil Pemprov DKI Soal Kemajuan Penagihan PSU
    Ilustrasi. Media Indonesia.
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertanyakan kemajuan penyerahan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) dari pengembang perumahan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sebab, KPK menerima informasi terkait terhambatnya tahapan tersebut.

    "(KPK) ingin mengetahui kemajuan penyerahan PSU dari pengembang dan apa saja kendala yang ditemui," kata Koordinator Bidang Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK, Aida Ratna Zulaikha, dalam rapat koordinasi (Rakor) Percepatan Pemenuhan Kewajiban oleh Tim Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan Wilayah (TP3W), Selasa, 6 Oktober 2020.

    KPK ingin mendapatkan informasi kemajuan penyerahan PSU dari pengembang perumahan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Administrasi se-DKI Jakarta. Penyerahan PSU sebagai bentuk penyelamatan aset daerah.

    "Percepatan penyerahan PSU adalah salah satu kegiatan penyelamatan aset. Hal ini agar aset daerah tertata dengan baik dan rapi," ujar Aida.

    Baca: KPK: PK Jadi 'Pintu Kemurahan' bagi Koruptor

    Asisten Pembangunan Sekretariat Daerah DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengatakan telah meminta kepada pengembang perumahan untuk menyerahkan kewajibannya. Usaha ini masih tetap berproses hingga sekarang.

    Pemprov DKI Jakarta berupaya menagih janji pihak swasta untuk membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial. Karena hal itu menjadi syarat yang mesti disetorkan ke Pemprov dalam melakukan pembangunan di Ibu Kota.

    "Sekitar 60 persen pembangunan Jakarta disumbang dari kegiatan-kegiatan sektor swasta. Ada hal-hal yang jadi perhatian kita, terutama menyangkut aset-aset berupa jalan, saluran, fasilitas ibadah, taman, dan sebagainya," ujar Yusmada.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id