comscore

44 Eks Pegawai KPK Diminta Ciptakan Iklim Investasi

Siti Yona Hukmana - 09 Desember 2021 18:09 WIB
44 Eks Pegawai KPK Diminta Ciptakan Iklim Investasi
44 eks pegawai KPK dilantik jadi ASN Polri. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menciptakan iklim investasi di Indonesia. Hal itu disampaikan saat melantik ke-44 orang tersebut.

"Ciptakan iklim investasi, sehingga masyarakat atau investor baik dari dalam maupun luar enggak ragu-ragu investasi di Indonesia," kata Listyo di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Desember 2021.
Listyo mengatakan saat ini indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia menurun dari nomor 88 menjadi 102. Menurut dia, perbaikan IPK merupakan tantangan semua pihak, khususnya Polri.

IPK itu menggunakan skala 0 (korupsi yang tinggi)-100 (korupsi yang rendah). Semakin tinggi nilai persepsi korupsi sebuah negara, semakin rendah pula korupsi yang terjadi di negara tersebut.

"Kami yakin dengan bergabungnya rekan-rekan indeks persepsi korupsi (IPK) akan bisa kita perbaiki," ujar Tri Brata (TB) 1 itu.

Menurut Listyo, negara tengah menghadapi posisi sulit. Sehingga, perlu betul-betul mengawal program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Agar anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tepat sasaran dan dapat mengurangi risiko terjadinya kebocoran," ucap dia.  

Baca: 44 Eks Pegawai KPK Resmi Jadi ASN Polri

Listyo juga meminta ke-44 eks pegawai KPK itu membantu masyarakat dalam mengubah pola pikir, memberikan pendampingan, melakukan upaya pencegahan dan penangkalan korupsi. Termasuk, melakukan kerja sama dengan internasional dalam rangka pelacakan aset.

Listyo tidak meragukan rekam jejak ke-44 orang tersebut. Mereka diyakini dapat memperkuat organisasi Polri dalam pemberantasan tindak pidana korupsi (tipikor).

"Sekali lagi, selamat bergabung kita perkuat komitmen dan kebijkan pemerintah dalam rangka ciptakan iklim, budaya, ekosistem antikorupsi. Sehingga iklim investasi APBN yang digunakan dan seluruh rangkaian kebijakan dalam rangka mendukung dan mengembalikan pertumbuhan perekonomian Indonesia betul-betul bisa terlaksana dengan baik," kata mantan Kabareskrim Polri itu.

Ke-44 eks pegawai KPK resmi menjadi ASN Polri setelah menerima nomor induk pegawai (NIP) dari Kapolri. Mereka langsung menjalani orientasi di Pusat Pendidikan Administrasi (Pusdikmin) Bandung, Jawa barat selama dua pekan.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id