Remaja 18 Tahun Mengaku Iseng Retas Situs Bawaslu

    Ilham wibowo - 03 Juli 2018 19:41 WIB
    Remaja 18 Tahun Mengaku Iseng Retas Situs Bawaslu
    Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap peretas situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Pelakunya berinisial DS dengan nama samaran Mister Cakil yang masih berusia 18 tahun.

    "Pelaku dengan sengaja melakukan defacing atau hacking pembobolan atau penerobosan secara ilegal terhadap website https://inforapat.bawaslu.go.id," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 3 Juli 2018. 

    Penangkapan dilakukan pada Sabtu, 30 Juni 2018 di kawasan Kramatjati, Jakarta Timur. Tim siber menelusuri keberadaan pelaku dari jejak digital hasil tindakan ilegalnya. 

    "Motifnya iseng mencoba firewall atau sistem keamanan dari website Bawaslu," papar Setyo. 

    Tidak hanya meretas situs Bawaslu, DS juga diketahui pernah meretas  60 firewall situs. DS menyasar laman milik lembaga pemerintah maupun situs belanja online dalam dan luar negeri. 

    Usai penangkapan, kini DS masih diperiksa intensif. Pemeriksaan untuk menelusuri pihak yang terlibat. Keahlian DS meretas situs juga tengah didalami. 

    (Baca juga: Polri Buru Peretas Situs KPU)

    "Ini masih dalam pendalaman Bareskrim, kita belum tahu. Nanti tahu-tahu dia belajar sama siapa, enggak tahu kita," beber dia. 

    Dari penangkapan itu, Polisi menyita sebuah handphone, dua kartu SIM, dua micro SD berkapasitas 16 Gigabyte dan sebuah akun Facebook Muhammad Acil alias Alone. DS dijerat dengan pasal berlapis. 

    Ia diacnam Pasal 46 ayat 1 ayat 2 dan ayat 3 juncto Pasal 30 ayat 1 ayat 2 dan ayat 3 dan atau pasal 48 ayat 1 junto pasal 32 ayat 1 dan atau pasal 49 jo pasal 33 Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. DS juga bisa dikenakan Pasal 50 jo pasal 22 huruf B Undang-undang Nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi. 
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id