comscore

KPK Pertimbangkan Bidik Politikus Golkar Aliza Gunado

Candra Yuri Nuralam - 10 November 2021 18:23 WIB
KPK Pertimbangkan Bidik Politikus Golkar Aliza Gunado
ilustrasi/medcom.id
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertimbangkan membidik Politikus Partai Golkar Aliza Gunado dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Lampung Tengah. Aliza disebut ikut meminta uang dalam proyek dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah dan menjanjikan suap ke mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

"Yang sifatnya dibutuhkan penguatan akan dilakukan langkah-langkah penyelidikan maupun penyidikan," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 10 November 2021.
Karyoto mengatakan dugaan keterlibatan Aliza dalam persidangan sudah dicatat tim jaksa KPK. Lembaga Antikorupsi segera membuat rapat untuk menentukan pemanggilannya.

"Tentunya kalau nantinya kalau ada tentang temuan-temuan baru, jaksa pasti akan membuat laporan dan itu akan didiskusikan di forum, diskusi antardeputi," ujar Karyoto.

Baca: KPK Bidik Azis Syamsuddin dalam Dugaan Korupsi DAK Lampung Tengah

Sebelumnya, mantan Kepala Dinas Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman dihadirkan dalam persidangan dugaan penanganan perkara di Tanjungbalai. Taufik diminta menjelaskan tentang permainan amis bawahan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam pengajuan dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah pada 2017.

Taufik menjelaskan, awalnya dia dikenalkan dengan Aliza sekitar April 2017 di sebuah kafe di Bandar Lampung. Aliza saat itu mengaku sebagai orang yang bisa mengurus tambahan dana untuk pengurusan DAK Lampung Tengah.

"Saat bertemu, dia (Aliza) beritahu kalau Lampung Tengah mau dapat tambahan DAK harus ajukan proposal ke Kemenkeu, PU, Bappenas, dan DPRD termasuk Banggar," kata Taufik di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin, 1 November 2021.

Taufik mengaku mengenal Aliza dari bantuan seseorang bernama Darius. Sepengetahuannya, Aliza merupakan orang kepercayaan Azis.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id