Firli Imbau Semua Pihak Hormati Putusan MK dan MA Soal TWK

    Dhika Kusuma Winata - 15 September 2021 19:12 WIB
    Firli Imbau Semua Pihak Hormati Putusan MK dan MA Soal TWK
    Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers penetapan tersangka Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Minggu, 28 Februari 2021. Foto: KPK



    Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengimbau semua pihak menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA) terkait tes wawasan kebangsaan (TWK). Alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui TWK dianggap sah dan konstitusional.

    "Kami sebagai pelaksana undang-undang (UU) tentu harus melaksanakan putusan tersebut. Kami sungguh menghargai segenap pihak, termasuk juga ada beberapa pegawai KPK yang telah menyalurkan hak konstitusionalnya untuk memohon tafsir terhadap UU Nomor 19 Tahun 2019 dan Perkom KPK Nomor 1 Tahun 2021 pada jalur yang benar," kata Firli dalam konferensi pers, Rabu, 15 September 2021.

     



    Baca: Firli Klaim Pemecatan Pegawai Sudah Sesuai Undang-Undang

    Pegawai yang tak memenuhi syarat (TMS) diberhentikan dengan hormat per Kamis, 30 September 2021. Keputusan pemecatan itu lebih cepat dari rencana sebelumnya, yakni Senin, 1 November 2021. 

    Firli menyatakan pihaknya tak mempercepat pemecatan. UU hanya mengatur jangka waktu paling lama alih status pegawai KPK.

    "Tidak ada istilah percepatan atau perlambatan. Sesuai keputusan saja. Putusannya keluar 9 September (putusan MA) dan 31 Agustus (putusan MK), ya harus kita laksanakan," ujar Firli.

    Menurut dia, KPK bersama Kemenkumham, Kementerian PANRB, dan BKN menggelar rapat koordinasi pada Senin, 13 September 2021. Hasilnya, 50 pegawai yang tak lolos TWK dan enam pegawai yang tak mengikuti diklat bela negara diberhentikan per 30 September 2021.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id