Pekerja Migran Korban Kekerasan Telah Berada di KBRI

    Kautsar Widya Prabowo - 11 Juni 2020 18:33 WIB
    Pekerja Migran Korban Kekerasan Telah Berada di KBRI
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah menyelamatkan pekerja migran Indonesia (PMI) korban kekerasan, Ika Sulastri. Saat ini, Ika berada di Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Riyadh, Arab Saudi. 

    "Ika dalam kondisi sehat, di selter KBRI," kata Kepala Badan Perlindungan PMI (BP2MI) Benny Rhamdani kepada Medcom.id, Kamis, 11 Juni 2020. 

    BP2MI menyerahkan sepenuhnya proses kepulangan Ika pada KBRI. Benny belum mendapatkan informasi terbaru jadwal kepulangannya. 

    Kewenangan dan tanggung jawab BP2MI ketika Ika tiba di Tanah Air. Ika dipastikan dapat kembali ke pelukan keluarga dalam kondisi sehat. 

    "Nanti akan kita jemput dia saat tiba di Tanah Air. Kita antar sampai ke kampung halaman," jelas Benny. 

    Baca: Perusahaan Pengirim Ika Sulastri Terancam Sanksi Berat

    Selain itu, BP2MI akan meminta keterangan Ika ihwal pengirimannya ke Arab Saudi secara ilegal. Pihak yang terlibat dalam tindakan melanggar hukum itu akan dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal (Bareksrim) Polri. 

    "Saya dan BP2MI akan menjadi mimpi buruk bagi perusahaan mana pun yang melakukan kejahatan, eksploitasi, pembiaran kepada para pekerja migran Indonesia," tegas dia. 

    BP2MI menelusuri kasus penganiayaan PMI Ika Sulastri, di Riyadh. Ika mengalami batuk berdarah hingga mimisan akibat kerap membawa beban yang berat. 

    Sejak awal, proses pengiriman Ika ke Arab Saudi dinilai melanggar Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 260 Tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI pada Pengguna Perseorangan di Negara-Negara Kawasan Timur Tengah. Pengiriman Ika dinilai ilegal.

    "Dia berangkat 16 Januari 2020. Maka pihak yang memberangkatkan melanggar Permenaker karena banyak laporan eksploitasi, kekerasan, pelanggaran HAM, gaji enggak dibayar sesuai kontrak (di Timur Tengah)," kata Benny kepada Medcom.id, Kamis, 6 Juni 2020.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id