Bupati Blora Dicecar Soal Uang 'Panas' dari PT DI

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Agustus 2020 20:35 WIB
    Bupati Blora Dicecar Soal Uang 'Panas' dari PT DI
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan Bupati Blora Djoko Nugroho sebagai saksi kasus dugaan korupsi penjualan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia (DI) pada 2007 hingga 2017. Djoko dikonfirmasi soal uang yang mengalir dari PT DI.

    "Penyidik mendalami keterangan terkait adanya pengetahuan saksi perihal dugaan penerimaan uang sebagai kickback dari PT DI kepada pihak-pihak end user atau pemilik proyek pekerjaan pengadaan barang di kementerian atau lembaga terkait," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2020.

    Ali mengatakan, Kepala Seksi Sarana Prasarana Basarnas Suhardi yang juga diperiksa sebagai saksi dikonfirmasi dengan materi pemeriksaan serupa. Sedangkan saksi Komisaris PT Quartagraha Adikarsa Susinto Entong mangkir dari panggilan penyidik.

    "Yang bersangkutan (Susinto) mengirimkan surat pemeriksaan dijadwalkan ulang," ujar Ali.

    Baca: Bupati Blora Diperiksa KPK

    Ketiga saksi diperiksa untuk tersangka mantan Direktur Utama PT DI Budi Santoso. Penyidik masih mendalami perkara rasuah ini melalui keterangan sejumlah saksi.

    KPK menetapkan Budi Santoso dan mantan Direktur Niaga PT DI Irzal Rinaldi Zailani sebagai tersangka. Keduanya terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan kegiatan penjualan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia pada 2007-2017.

    Keduanya dijerat Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id