KPK Siap Kawal Sidang Novel Baswedan Besok

    Candra Yuri Nuralam - 18 Maret 2020 16:13 WIB
    KPK Siap Kawal Sidang Novel Baswedan Besok
    Dua tersangka kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Foto: ANT/Abdul Wahab
    Jakarta: Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap mengawal sidang perdana perkara penyiraman air keras terhadap penyidik Novel Baswedan. Sidang rencananya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis, 19 Maret 2020.

    "Nanti kami dari WP KPK, sebagai bagian advokasi Bang Novel akan datang ke sana sambil melihat situasi dulu ya, kemudian nanti akan melihat dakwaannya seperti apa," kata Ketua WP KPK Yudi Purnomo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 18 Maret 2020.

    Yudi mengaku penasaran ingin mengetahui alasan para pelaku melukai penyidik senior KPK. Keterangan itu nantinya akan dianalisis untuk mencari kemungkinan adanya pelaku lain, termasuk otak penyerangan terhadap Novel.

    "Kami harapkan bahwa dalam pembacaan dakwaan itu, terungkap seluruh fakta-fakta terkait dengan penyerangan Bang Novel. Kedua juga terkait dengan siapa saja pelakunya," ujar Yudi.

    Baca: Waktu Rekonstruksi Kasus Novel Dinilai Janggal

    Yudi enggan berkomentar lebih detail soal persidangan itu. Dia memberikan waktu kepada pengadilan membeberkan hasil pemeriksaan.

    "Makanya kenapa dakwaan itu penting untuk dilihat. Karena di situ lah semua proses dari awal sampai akhir terkait dengan fakta-fakta yang dilakukan oleh pelaku tergambar di situ," ujar Yudi.

    Novel disiram air keras sepulang dari Masjid Al-Ihsan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 11 April 2017. Novel dilarikan ke Singapura untuk menjalani operasi mata sejak 12 April 2017.

    Tim teknis yang mengusut kasus penyiraman air keras terhadap Novel menangkap Ronny dan Rahmat di Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Kamis, 26 Desember 2019. Keduanya merupakan polisi aktif dari kesatuan Brimob.

    Ronny dan Rahmat dijerat dengan Pasal 170 subsider 351 Ayat (2) KUHP tentang Penganiayaan dan Pengeroyokan dengan ancaman lima tahun penjara.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id