Skor Pemantauan Pencegahan Korupsi 2020 Jakarta Menurun

    Candra Yuri Nuralam - 17 Februari 2021 10:01 WIB
    Skor Pemantauan Pencegahan Korupsi 2020 Jakarta Menurun
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut aktivitas pemantauan pencegahan korupsi di DKI Jakarta menurun pada 2020. Ini diketahui berdasarkan aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK.

    "Skor MCP Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di tahun 2020 adalah 76 persen. Skor ini menurun dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 91 persen," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu, 17 Februari 2021.






    Penilaian MCP bersumber dari delapan area intervensi. Sumber itu terdiri dari; optimalisasi penerimaan daerah, manajemen aset daerah, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN); dan penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

    "Rinciannya bisa diakses lewat situs jaga.id," ujar Ipi.

    Baca: Gubernur Kaltara Minta Wejangan KPK

    KPK mengajak aparat penegak hukum (APH) di Jakarta untuk memperkuat kerja sama. Lembaga Antikorupsi melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DKI Jakarta, serta Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya untuk memperkuat kerja sama.

    "Untuk tugas koordinasi dan supervisi, KPK berwenang mengoordinasikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi, serta berwenang mengawasi, meneliti, atau menelaah instansi yang tugas dan wewenangnya berkaitan dengan pemberantasan tipikor," kata Direktur Korsup Wilayah II KPK Yudhiawan Wibisono.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id